Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Pendaki Dijemput Paksa Turun

Laporan: Sinpo
Senin, 09 Januari 2023 | 01:09 WIB
Gunung Marapi (wikipedia)
Gunung Marapi (wikipedia)

SinPo.id -  Kepala BKSDA Sumatera Barat, Ardi Andono mengatakan para pendaki di atas Gunung Marapi, Sumatera Barat dijemput paksa. Hal ini, karena erupsi sebanyak puluhan kali di gunung itu selama dua hari terakhir.

"Kita harus paksa mereka turun, menghindari munculnya dampak akibat erupsi. Kita bawa turun semua," ujarnya pada Minggu 8 Januari 2023. 

Sehari sebelum erupsi atau pada Kamis hingga Jumat kemarin, tercatat ada 40-an pendaki yang naik gunung api aktif itu. Namun, di lapangan, angka tersebut hanya sebagian kecil, karena faktanya jumlah yang naik gunung berada jauh di atas angka itu.

Kini, Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Marapi dalam status ditutup untuk semua pendakian. "Ditutup sampai waktu yang belum ditentukan," tambahnya. 

Untuk diketahui, Pos Pengamatan Gunung Marapi di Bukittinggi melaporkan Gunung Marapi mengalami erupsi dalam dua hari terakhir dan tercatat sudah ada 37 kali letusan hingga Minggu 8 Januari 2023 petang.

Gunung Marapi merupakan salah satu Gunungapi aktif yang ada di Sumatera Barat. Posisinya berada di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat dengan ketinggian 2.891 mdpl.sinpo

Komentar: