Gerindra Tegaskan Tetap Satu Sikap dengan 7 Parpol Lain Tolak Proporsional Tertutup

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 09 Januari 2023 | 12:36 WIB
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad/ SinPo.id
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad/ SinPo.id

SinPo.id - Partai Gerindra menegaskan tetap bersama tujuh fraksi lain untuk menolak penerapan sistem proporsional tertutup di Pemilu 2024. Gerindra tak hadir dalam acara penyampaian pernyataan sikap kedelapan partai politik (parpol) kemarin karena ada sejumlah agenda yang tidak bisa ditinggalkan.

"Kami baik secara gabungan fraksi di DPR sudah ikut menyatakan bahwa kami tidak setuju terhadap proporsional tertutup. Lalu kemudian secara partai politik, Ketua Umum Pak Prabowo sudah menyatakan bahwa Partai Gerindra tidak setuju dengan proporsional tertutup artinya pendapat Partai Gerindra dengan tujuh partai lain itu adalah sama tidak setuju terhadap proporsional tertutup," kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 9 Januari 2023.

Dasco membeberkan sejumlah agenda Gerindra yang tak bisa ditinggalkan. Salah satunya, Ketua Umum Prabowo Subianto atau Pak Bowo yang harus absen dari acara pimpinan parpol tersebut, karena ada agenda yang sudah dijadwalkan jauh-jauh hari.

"Memang pertemuan yang diadakan kemarin itu pertemuan yang mendadak sehingga Pak Prabowo punya jadwal yang tidak bisa ditunda di tempat lain," kata dia.

Sedangkan, petinggi Gerindra lain harus melaksanakan agenda kemanusiaan yang sudah terjadwal. Yakni penyerahan bantuan sosial untuk korban banjir di Jawa Tengah (Jateng).

"Dan kebetulan juga petinggi Gerindra yang lain sedang konsentrasi dan sudah ada jadwal juga untuk menyerahkan bantuan banjir di Jawa Tengah," ucapnya.

Kendati begitu, Dasco memastikan komunikasi antara Gerindra dengan tujuh parpol lain berjalan dengan baik. Gerindra bahkan terlibat langsung membuat konsep kesepakatan lima poin delapan parpol terhadap sistem proporsional tertutup tersebut.

"Dalam pelaksanaan kegiatan kemarin kami melakukan komunikasi intens dengan petinggi-petinggi partai lain terutama dalam membuat konsep kesepakatan lima poin sehingga di situ disebut kan ada 8 partai politik, termasuk Gerindra," tegas Dasco.

 sinpo

Komentar: