Optimisme Perekonomian Indonesia Terus Berlanjut, Pemerintah Fokus Pengendalian Inflasi

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 09 Januari 2023 | 14:32 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Pemerintah mengakui telah fokus pada pengendalian inflasi ketika optimisme perekonomian Indonesia terus berlanjut. Inflasi masih menjadi salah satu fokus pemerintah, terutama mengenai volatile food atau bahan makanan.

“Jangan lupa bahwa APBN 2022 mengeluarkan lebih dari Rp 550 triliun untuk subsidi BBM, elpiji dan listrik," kata Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, Senin 9 Januari 2023.

Menurut Sri, sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, serta kinerja positif APBN 2022, sebagai shock absorber, juga sangat penting untuk melindungi masyarakat dan menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional.

Selain inflasi, ia menyebut defisit tahun 2022 berhasil mencapai angka di bawah 3 persen, atau lebih rendah dari tahun sebelumnya, sejalan dengan pemulihan ekonomi Indonesia yang masih sangat kuat dan terus berlanjut.

Tidak hanya itu, menurut Menkeu, tahun Pemilu 2023 akan membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia karena adanya aktifitas dari seluruh partai politik.

Oleh karena itu, pemerintah optimis kondisi perekonomian akan semakin membaik melalui APBN sebagai instrumen penjaga masyarakat dan perekonomian, namun tetap waspada menghadapi dinamika ke depan karena risiko ketidakpastian masih tinggi. 

“Jadi kita tetap harus waspada dan harus melihat banyak opportunity, tapi juga banyak yang business unusual. Jadi kita gak boleh business as usual dalam hal ini, baik dari sisi perdagangan, investasi dan dari kebijakan-kebijakan kita di dalam menjaga fondasi ekonomi kita,” kata Sri menjelaskan.sinpo

Komentar: