Kelakar Megawati : Kalau Tak Ada PDIP Jokowi Kasihan Deh

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 10 Januari 2023 | 14:53 WIB
Megawati Soekarnoputri (SinPo.id/PDI P)
Megawati Soekarnoputri (SinPo.id/PDI P)

SinPo.id -  Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Sukarnoputri sempat berkelakar soal nasib Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi disebut tidak akan seperti sekarang jika tanpa PDIP.

Candaan itu keluar saat Megawati membahas pemberantasan stunting sebagai salah satu program utama PDIP dan juga pemerintah. Sayangnya, instruksi ini tidak mendapat perhatian dari Presiden.

"PDIP menggalakkan program stunting loh Pak. Mbo saya dikasih bintang toh. Pak Jokowi itu kaya gitu loh. Padahal Pak Jokowi kalau enggak ada PDI Perjuangan, aduh kasihan deh,” kelakar Megawati saat berpidato pada HUT ke-50 PDIP di Jexpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa 10 Januari 2022.

Megawati kemudian menjelaskan maksud pernyataannya, jika Jokowi kasihan bila tidak ada PDIP. Maksud pernyataan itu tak lepas dari proses PDIP mendampingi Jokowi mulai Wali Kota Solo hingga Gubernur DKI dan menjadi calon presiden di Pemilu 2014.

Saat itu, syarat konstitusi untuk menjadi capres harus di usung oleh satu partai politik atau lebih. Akhirnya, Jokowi mendapatkan syarat tersebut dari PDIP. 

Megawati mengungkapkan proses memutuskan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pemilu 2019. Megawati mengeklaim penunjukan Ma’ruf Amin sebagai cawapres Jokowi merupakan pilihannya.

“Saya bilang Pak Jokowi, Pak entar kalau ini, saya minta izin untuk pendamping Bapak itu Pak Ma'ruf ya gitu. Saya bilang sama Pak Ma'ruf, terus Pak Mahfud diambil sebagai Menko Polhukam,” kata Megawati menjelaskan.sinpo

Komentar: