Sebanyak 19,7 Juta Orang Gunakan Layanan MRT Jakarta Sepanjang 2022

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 10 Januari 2023 | 20:45 WIB
Penumpang MRT/ Dok. MRT
Penumpang MRT/ Dok. MRT

SinPo.id - PT MRT Jakarta menyebut sebanyak 19,7 juta orang menggunakan layanan transportasi massal berbasis rel itu sepanjang tahun 2022.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo mengatakan jumlah tersebut menunjukkan bahwa rata-rata 50 ribu orang per hari menggunakan MRT Jakarta dengan 87.072 jumlah perjalanan kereta.

"Angka ini menunjukan kenaikan dari tahun sebelumnya," kata Pratomo melalui keterangan tertulis yang diterima, Selasa, 10 Januari 2023.

Pratomo menjelaskan bahwa pada awal tahun 2022, PT MRT Jakarta menargetkan angka keterangkutan penumpang mencapai 14,6 juta orang atau setara dengan rata sebanyak 40 ribu orang per hari.

"Ketepatan waktu tempuh, kedatangan, dan berhenti ratangga pun mencapai 99,94 persen," ungkapnya.

Capaian peningkatan yang diperoleh PT MRT Jakarta itu dihasilkan dari kerjasama dengan berbagai pihak, terutama dari industri wisata seperti sektor kuliner, aktivitas, dan pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, hingga promo tiket di sejumlah tempat wisata.

Selain itu, lanjut Pratomo, kolaborasi dengan sejumlah operator transportasi publik pengumpan (feeder) lain juga mendorong peningkatan angka keterangkutan seperti PPD, Tebengan, GoJek, Grab, TransJakarta dan yang terbaru, Swoop.

"Kehadiran angkutan pengumpan ini akan berdampak tidak saja terhadap kenaikan angka keterangkutan, namun juga mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagai kendaraan (ride sharing)," ucapnya.

Secara angka, operator pengumpan ini menyumbang sekitar 13 persen angka keterangkutan dari total perjalanan (ridership) MRT Jakarta.sinpo

Komentar: