DPR Minta Pemerintah Awasi Penerapan Prokes Wisatawan China di Indonesia

Laporan: Sinpo
Rabu, 11 Januari 2023 | 04:16 WIB
Wisatawan China/ Reuters
Wisatawan China/ Reuters

SinPo.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mempersilakan wisatawan dari China untuk berkunjung ke Indonesia. Namun dengan catatan, para wisatawan harus menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi X DPR, Bramantyo mengingatkan kepada Pemerintah agar tetap selalu mengawasi masuknya wisatawan China. Hal itu demi membangkitkan ekonomi nasional melalui pariwisata pasca pandemi Covid-19.

"Sebelum pandemi, jumlah wisatawan mancanegara di Indonesia dari negara China memang terbesar. Namun, dalam upaya pemulihan ekonomi, jangan sampai kebijakan yang diambil justru memicu adanya varian baru atau menyebabkan kasus Covid tinggi kembali di Indonesia karena justru akan menjadi pukulan balik dari momen pemulihan yang sudah berjalan," kata Bramantyo dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 10 Januari 2023.

"Hal ini tentunya bisa dicapai dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi turis asal China masuk ke Indonesia dengan penerapan swab test antigen/PCR maupun karantina," sambungnya.

Legislator Partai Demokrat ini menyebut, selain penerapan prokes, kapasitas pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam mengelola destinasi wisata bersih, sehat, dan aman juga harus terus ditingkatkan. Sehingga akan semakin meningkatkan kepercayaan wisatawan mancanegara terhadap pariwisata Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif indonesia Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, Indonesia menyambut baik wisatawan mancanegara (Wisman) dari luar negeri terutama China yang akan melakukan perjalanan liburan ke Indonesia.

Dia menjelaskan, target kunjungan wisatawan China tahun 2023 sebanyak 253 ribu. Sambutan baik tersebut juga tentunya dalam bingkai protokol kesehatan yang telah diterapkan dan sanggup mengendalikan pandemi.sinpo

Komentar: