Kunjungi Kodam XVIII/Kasuari, Panglima TNI: Ini Wujud Cinta Terhadap Papua

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 11 Januari 2023 | 14:53 WIB
Kunjungan Panglima TNI di Papua/Puspen TNI
Kunjungan Panglima TNI di Papua/Puspen TNI

SinPo.id -  Panglima TNI, Laksmana Yudo Margono mengunjungi Kodam XVIII/Kasuari, Papua Barat, Selasa, 10 Januari 2023.

Kunjungan ini adalah wujud cinta dan sayang terhadap tanah Papua dan prajurit TNI-Polri yang berdinas di lokasi tersebut.

Hal inu disampaikan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat memberikan pengarahan kepada Personel Polri TNI yang ada di lokasi.

“Dengan melihat langsung kondisi dilapangan, saya dapat menentukan rencana dan kebijakan yang akan diambil,” jelasnya.

Lebih lanjut Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan bahwa kehadirannya di Papua Barat untuk melihat pembangunan yang sedang berlangsung serta melihat bagaimana para prajurit yang bertugas di Papua, baik prajurit TNI maupun Polri.

“Kita juga tentunya semua tahu tentang program pemerintah pusat khususnya di Papua, mulai dari pembangunan infrastruktur maupun pembangunan- pembangunan untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dan kunjungan ini sekaligus juga untuk menyelaskan peran TNI dengan program tersebut,” ujar Panglima TNI.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan bahwa personel TNI-Polri di Papua ini untuk mengawal dan melindungi seluruh masyarakat sebagaimana tertuang dalam UU no 34 tahun 2004 tentang TNI. 

“Semoga  masyarakat dapat melakukan kegiatan sehari-hari, bermasyarakat maupun bernegara, beragama, mencerdaskan putra-putrinya di dalam pendidikan sama dengan di wilayah yang lain,” tegasnya.

Di akhir sambutannya Laksamana TNI Yudo Margono berharap kepada para sesepuh, tokoh agama, adat dan masyarakat dapat mengarahkan kekurangan prilaku Prajurit TNI apabila ada yang tidak sesuai dengan norma di masyarakat.

“Mungkin karena mereka dari luar Papua sehingga tidak paham dengan budaya, adat istiadat dan sebagainya,” pungkasnya.sinpo

Komentar: