Hormati Gerindra, PPP Tegaskan Tak dalam Posisi Mengajak Sandiaga

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 11 Januari 2023 | 20:45 WIB
Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara/ Parlementaria
Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara/ Parlementaria

SinPo.id - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menegaskan tak pernah mengajak Sandiaga Uno untuk bergabung. PPP menghormati Sandiaga sebagai kader Partai Gerindra.

"Kami tetap menghargai posisi Pak Sandi saat ini masih kader Gerindra jadi kami enggak dalam posisi mengajak," kata Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 11 Januari 2023.

Kendati begitu, Amir mengakui PPP tak bisa melarang siapa pun untuk bergabung. Dia mempersilakan tokoh mana pun merapat ke PPP, termasuk Sandiaga.

"Secara personal kalau persoalan Sandi ke PPP kita sih dalam posisi ya itu hak pribadi ya," ucapnya.

Amir bahkan menyatakan PPP tak masalah jika Sandiaga tak bergabung. PPP, kata dia, tetap berjalan ada dan tanpa Sandiaga.

"Kalau pun enggak bergabung sih kita ya senang-senang saja," kata dia.

Di sisi lain, Amir mengingatkan jika kepindahan Sandiaga ke PPP tidak serta merta membuatnya memiliki tiket untuk maju sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Dia menegaskan PPP memiliki aturan untuk mencalonkan seseorang sebagai capres.

Apalagi, PPP telah bergabung dengan Partai Golkar dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Sehingga, pengusungan capres harus dibahas di internal KIB.

"Karena kita sudah ada KIB tentu proses internal yang kita lakukan di PPP tetap kita akan bicarakan di KIB," tegas Amir.

 sinpo

Komentar: