Anggota Komisi IV DPR: Operasi Pasar saat Kenaikan Harga Bapok Bak Pemadam Kebakaran

Laporan: Sinpo
Kamis, 12 Januari 2023 | 03:46 WIB
Ilustrasi cabe rawit/Net
Ilustrasi cabe rawit/Net

SinPo.id -  Meroketnya sejumlah harga kebutuhan pokok diawal tahun 2023 mendapat perhatian dari Anggota Komisi IV DPR RI, Firman Soebagyo.

Firman pun selalu mengingatkan kepada Pemerintah, kebutuhan pokok itu adalah suatu yang fundamental, sehingga itu tidak boleh terjadi kelangkaan dan tidak boleh terjadi kekurangan karena pangan itu adalah amanat konstitusi itu kunci dasarnya.

Politikus Partai Golkar ini bilang ada beberapa faktor yang menyebabkan harga-harga bahan pokok pangan  mengalami kenaikan.

Pertama, memang produksi pertanian dalam negeri ini belum mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri, kemudian juga memang produksi pertanian ini termasuk relatif masih tinggi biayanya karena petani kita saat ini masih bekerja secara konvensional.

Kemudian kedua, produksi pangan akhir-akhir ini mengalami  penurunan akibat adanya anomali cuaca dan bencana dimana-mana otomatis ini akan berdampak kepada produksi petani nasional akhirnya menurun semisalnya akibat bencana banjir yang akan berdampak gagal panen itu akan makin banyak. 

"Nah, ini harusnya diantisipasi oleh Pemerintah dan oleh karena itu, menurutnya  operasi pasar itu sifatnya hanya seperti pemadam kebakaran hanya mengatasi sesaat saja dan harus ada strategi yg dilakukan secara kesinambungan oleh Pemerintah/Kementerian pertanian dan Bappenas Bagaimana mengatasi hal-hal seperti ini banjir karena apa? disatu sisi hutan didaerah juga gundul mungkin juga ada faktor-faktor lain karena banyak didaerah program-program pembangunan tidak memperhatikan masalah lingkungan seperti terjadi di DKI Jakarta atau di Jawa Tengah yang achir3 ini dilanda banjir terus menerus “ujar Firman, Rabu 11 Januari 2023. 

Disisi lain, dalam masalah kenaikan harga bahan pokok ini Politikus dan Waketum Partai Golkar ini meminta kepada Pemeritah tidak hanya hanya menggenjot pendapatan daerah dari aspek pungutan-pungutan retribusi dari industri pajak daerah itu sendiri tapi faktor lain tidak diperhitungkan seperti dampak atau penyebab  terjadinya banjir yang berakibat kepada petani kita semakin sulit dan sengsara ini harus kita pikirkan secara serius.

Terkait infrastruktur sektor pertanian itu juga penting kata Firman,  oleh karena itu ketahanan pangan utuk menuju kedaulatan pangan itu 
adalah sebuah keniscayaan.

Menurutnya, rencana kerja Pemerintah harus betul-betul mendesain konsep pembangunab sektor pertanian dengan konsep hulu sampai hilir serta perlu adanya evaluasi yang bekesinambungan dan evaluasi ini untuk memperbaiki kebijakan-kebijakan masa lalu yang tidak bisa memberikan efek positif bagi petani harus diperbaiki dan kemudian memberikan kemudaha dan fasilitas petani didaerah.

Oleh karena itu efek impor pangan ini juga menimbulkan persoalan yang serius seperti secara psikologis petani yang sedang semangat 2nya utk bertani karena dipastikan harga jual  tidak bergairah dan tidak mampu bersaing dengan  produk pangan import yg harganya relatif lebih murah.

Rilis PBB bahwa pangan adalah hak asasi manusia oleh karenanya kalau kebutuhan pokok pangan ini tidak tersedia maka Pemerintah harus bertanggungjawab. Oleh karena itu persoalan pangan adalah persoalan yang serius dan harus menjadi prioritas dan Pemerintah perlu merumuskan kembali rencana pembangunan sektor pertanian mulai dari infrastruktur hulu sampai hilir dan  berkesinambungan," tegas Legislator dari Dapil Jateng III ini.sinpo

Komentar: