Potensi Serangan Rusia, Warga Ukraina di Perbatasan Belarusia Diminta Waspada

Laporan: Sinpo
Kamis, 12 Januari 2023 | 08:37 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/ AP
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/ AP

SinPo.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky  mengingatkan potensi serangan dari negara tetangga Belarusia. Dia mendesak warganya yang tinggal di perbatasan dengan Belarusia untuk siap siaga.

Pemerintah Ukraina sebelumnya memperingatkan, Rusia mungkin akan menggunakan wilayah Belarusia untuk melancarkan invasi darat ke negaranya.

Komentar itu disampaikan Zelensky usai mengunjungi Lviv, wilayah di perbatasan dengan Polandia. Zelensky menyinggung soal pentingnya memperkuat penjagaan di perbatasan dan situasi keamanan di barat laut Ukraina.

“Kami membahas perlindungan perbatasan negara, situasi operasional di perbatasan dengan Republik Belarusia dan tindakan kontra-subversi di wilayah ini,” kata Zelensky dikutip dari Reuters, Rabu, 11 Januari 2023.

Diakui Zelensky, hingga saat ini belum ada ancaman serangan yang nyata dari arah Belarusia, melainkan sebatas pernyataan kuat.

“Tapi kita harus siap, baik di perbatasan maupun wilayah,” ujarnya.

Kantor kepresidenan Ukraina merilis rekaman video saat Zelensky menghadiri rapat koordinasi di Lviv. Presiden juga ambil bagian dalam upacara mengenang tentara Ukraina yang tewas dalam pertempuran melawan Rusia sejak 24 Februari lalu.sinpo

Komentar: