Pengamat: Ini Sosok Yang Tepat Jadi Capres Pilihan Rakyat

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 13 Januari 2023 | 22:14 WIB
Ilustrasi Pemilu/KPU
Ilustrasi Pemilu/KPU

SinPo.id -  Pemilu 2024 semakin dekat, sejumlah tokoh yang digadang-gadang sebagai calon Presiden dan Wakil Presiden juga sudah mulai bersafari. Semua dilakukan untuk mendongkrak elektabilitasnya.

Di sisi lain, masyarakat juga melihat sosok Capres dan Cawapres dari kinerjanya selama ini. Sejumlah tokoh yang memiliki track record mumpuni tentu tak kesulitan untuk mendapat suara masyarakat.

Panel Survei Indonesia (PSI) melakukan survei tentang suara politik masyarakat di pemilu 2024.

Direktur Eksekutif Panel Survei Indonesia (PSI) Ahmad Loksukon mengatakan, alam survei ini dilakukan pengukuran preferensi masyarakat terhadap tokoh tokoh bakal capres, sebelum dilakukan prapenelitian untuk menjaring nama nama tokoh yang berpotensi dicalonkan oleh partai politik peserta pemilu 2019 yang memiliki kursi di DPR RI.

"Airlangga Hartarto dikenal oleh 58,9 persen sebagai Menko Perekonomian dan juga tokoh yang diberikan tanggung jawab oleh Presiden Jokowi sebagai Ketua KPCPEN untuk memulihkan perekonomian nasional akibat dampak Covid 19 dan penanggulangan Covid 19 , juga dikenal sebagai Ketua Umum Golkar," ucap Ahmad dalam keterangannya, Jumat, 13 Januari 2023.

Kemudian Puan Maharani dikenal oleh 29,4 persen responden sebagai Putri dari Megawati Sukarnoputri dan Juga Ketua DPR RI. Lalu Jendral Andika Perkasa dikenal oleh 27,5 persen responden sebagai Panglima TNI, Kemudian Muhaimin Iskandar dikenal oleh 23,2 persen responden.

Kemudian dari nama-nama tokoh tersebut diuji preferensi publik terhadap pilihan masyarakat, jika pilpres digelar hari ini dengan tokoh mana yang akan dipilih dengan pertanyaan tertutup.

"Maka hasilnya nama Airlangga Hartarto dipilih oleh 29,2 persen responden, kemudian diurutan kedua nama Prabowo Subianto dipilih sebanyak 21 persen responden," ujar dia.

Kemudian, Andika Perkasa dipilih sebanyak 12,7 persen responden dan Ganjar Pranowo dipilih oleh sebanyak 7,1 persen responden, Anies Baswedan dipilih oleh sebanyak 5,2 persen responden.

Lalu Puan Maharani dipilih oleh sebanyak 4,1 persen responden dan Muhaimin Iskandar dipilih oleh sebanyak 1,6 persen responden dan yang tidak memilih sebanyak 21, 1 persen responden

"Pengambilan sample mengunakan Metode multistage random sampling dan Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95% dengan Margin of Error +/- 2,1 % dan survei ini dimulai sejak tanggal 1-10 Januari 2023," ungkap Ahmad.

Adapun teknik pengumpulan data survei  dilakukan dengan wawancara melalui tatap muka dan sambungan telepon seluler dan secara langsung di 34  ibu kota Provinsi di Indonesia.

"Survei dilakukan dengan metodologi, teknik penetapan sampel adalah probability sampling dengan cara Multi Stage Random Sampling dengan jumlah responden 1.988 orang," tuturnya.

Menanggapi hasil survei PSI terkait suara masyarakat terhadap pemilihan presiden (Pilpres) 2024 Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing setuju dengan hasil survei PSI yang mengunggulkan Airlangga Hartarto sebagai capres 2024.

Emrus menilai Airlangga Hartarto merupakan sosok yang tepat untuk menjadi presiden 2024.Karena Airlangga telah membuktikan kinerjanya dalam mengatasi perekonomian Indonesia.

"Saya setuju hasil survei PSI, Airlangga sosok yang tepat menjadi presiden 2024. Lewat kerjanya telah ditunjukkan dalam mengatasi perekonomian di masa pandemi Covid-19, " kata Emrus kepada wartawan, Jumat, 13 Januari 2023.sinpo

Komentar: