Minta Klarifikasi Bahaya Vape Liquid, DPR akan Panggil BPOM

Laporan: Sinpo
Minggu, 15 Januari 2023 | 02:52 WIB
Vape liquid/ Shutterstock
Vape liquid/ Shutterstock

SinPo.id - Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago mengatakan, pihaknya akan meminta penjelasan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait dengan peredaran rokok listrik, atau Vape Liquid. Pasalnya, diduga liquid tersebut berbahaya bagi kesehatan manusia.

"Memang hal tersebut harus diatur dan saya akan coba bicarakan dengan BPOM serta meminta klarifikasi terkait masalah izin edar dan efek samping rokok electrik ini mengenai cairan nikotin dan bahan kimia lainnya," kata Irma kepada wartawan di Jakarta, Sabtu, 14 Januari 2023.

Seperti diketahui, Anggota Baleg DPR RI, Firman Soebagyo mengatakan dalam pembahasan revisi UU POM dan RUU omnibus law Kesehatan perlu adanya regulasi yang mengatur tentang penggunaan rokok elektrik atau Vape liquid karena sangat berisiko tinggi bagi kesehatan manusia.

Vape atau rokok elektrik merupakan rokok penghantar nikotin elektronik. Dalam rokok elektrik terdapat tiga komponen penting atau komponen utamanya yaitu baterai, elemen pemanas atau komponen untuk memanaskan liquid atau cairan vape, dan tabung untuk menampung cairan vape (cartridge).

“Mestinya ada aturan yang mengatur tentang penggunaan vape dan tindakan pencegahan sebelum vape memberikan efek buruk bagi penggunanya dan lingkungan masyarakat serta tindakan penanggulangan bagi yang terkena efek buruk pemakaian vape,” ujarnya, Rabu, 11 Januari 2023.sinpo

Komentar: