Rudal Rusia Hancurkan Apartemen dan Fasilitas Energi di Kota Dnipro

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 15 Januari 2023 | 08:28 WIB
Kota Dnipro/Reuters
Kota Dnipro/Reuters

SinPo.id -  Sebanyak lima orang dilaporkan tewas dalam serangan rudal Rusia ke Ukraina yang menghancurkan blok apartemen sembilan lantai dan fasilitas energi vital di kota Dnipro pada hari Sabtu 14 Januari 2023.

Menurut Wakil Kepala Kantor Kepresidenan Ukraina, 20 orang berhasil diselamatkan, namun 60 orang termasuk 12 anak-anak, terluka dalam serangan tersebut. Bahkan banyak orang yang masih terperangkap di bawah reruntuhan.

"Tragedi. Saya telah pergi ke lokasi. Kami akan melewati puing-puing sepanjang malam," kata Walikota Dnipro, Borys Filatov, dilansir dari Reuters, Minggu 15 Januari 2023.

Sementara Menteri Energi Ukraina mengatakan hari-hari mendatang akan semakin sulit karena pengeboman jaringan listrik oleh Rusia selama berbulan-bulan telah mengancam pasokan listrik, air, dan pemanas sentral pada puncak musim dingin.

Menanggapi hal itu, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, dalam pidatonya mengimbau Barat untuk memasok lebih banyak senjata dalam mencegah lebih banyak kematian.

"Apa yang dibutuhkan untuk ini? Jenis senjata yang dimiliki mitra kami dan yang diharapkan oleh para pejuang kami. Seluruh dunia tahu apa dan bagaimana menghentikan mereka yang menabur kematian," kata Zelenskiy.

Tak hanya itu, enam rumah dilaporkan rusak, satu orang tewas, dan satu orang lainnya terluka di kota pembuatan baja Kryviy Rih yang merupakan kampung halaman Presiden Zelenskiy.sinpo

Komentar: