Pesawat Penerbangan Domestik di Nepal Jatuh, 40 Orang Dilaporkan Tewas

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 15 Januari 2023 | 18:46 WIB
Pesawat maskapai penerbangan domestik Yeti Airlines (Reuters?SinPo.id)
Pesawat maskapai penerbangan domestik Yeti Airlines (Reuters?SinPo.id)

SinPo.id -  Seorang pejabat otoritas penerbangan Nepal melaporkan setidaknya 40 orang tewas dalam kecelakan pesawat penerbangan domestik yang jatuh di Pokhara, Nepal, dan disebut sebagai kecelakaan terburuk di negara kecil Himalaya dalam hampir lima tahun.

Pesawat maskapai penerbangan domestik Yeti Airlines tersebut terbang dari ibu kota Kathmandu dan jatuh di lereng perbukitan. Sementara petugas penyelemat saat ini masih melakukan pencarian korban di lokasi kejadian.

"Operasi penyelamatan sedang berlangsung," kata juru bicara otoritas penerbangan sipil Nepal, Jagannath Niroula, dilansir dari Reuters, Minggu 15 Januari 2023.

Menurut pejabat bandara Nepal, terdapat 72 orang di pesawat ATR72 berusia 15 tahun dan bermesin ganda yang dioperasikan Yeti pada Minggu, termasuk dua bayi dan empat awak.

Pesawat tersebut juga diketahui membawa lima orang India, empat Rusia, satu Irlandia, dua Korea Selatan, satu Australia, satu Prancis dan satu warga negara Argentina.

Kecelakaan udara sering terjadi di Nepal, yang merupakan rumah bagi delapan gunung tertinggi di dunia, termasuk Everest. Cuaca di Nepal juga dapat berubah tiba-tiba dan menimbulkan kondisi berbahaya.

Namun kecelakaan yang baru saja terjadi, merupakan yang paling mematikan di Nepal sejak Maret 2018, ketika penerbangan turboprop US-Bangla Dash 8 dari Dhaka jatuh saat mendarat di Kathmandu, menewaskan 51 dari 71 orang di dalamnya.sinpo

Komentar: