Dasco: Aksi Unjuk Rasa Harus Kondusif dalam Koridor Demokrasi

Laporan: Sinpo
Senin, 16 Januari 2023 | 04:28 WIB
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco/Tim Media
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco/Tim Media

SinPo.id -  Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengimbau aparat keamanan TNI dan Polri turut serta mengamankan aksi demonstrasi tersebut mengingat aksi penyampaian pendapat dijamin oleh Undang-Undang. 

"Tentunya, kita menghargai pendapat teman-teman pekerja yang menyampaikan aspirasinya. Namun, tentunya kami harapkan penyampaian aspirasi tersebut masih dalam koridor-koridor demokrasi dan kami berharap bahwa aksi yang akan dijalankan tersebut berjalan dengan kondusif," ujar Dasco, seperti dilansir laman DPR.go.id 

Selain itu, terkait penetapan daerah pemilihan (dapil), Dasco menyatakan hal tersebut sudah melalui berbagai pertimbangan. 

"Walaupun Mahkamah Konstitusi (MK) sudah memutuskan bahwa KPU bisa menata daerah pemilihan (dapil) tapi itu kan hasil dari komunikasi antara partai-partai politik dengan KPU nah itu untuk dapil DPR dan DPRD," lanjut Dasco.

Kemudian, sambung Dasco, berkaitan dapil DPRD II akan dibicarakan lebih lanjut. "Karena menurut teman-teman KPU sekarang ini faktor jumlah penduduk yang bertambah, provinsi dan kota yang bertambah menyebabkan adanya kebutuhan perubahan-perubahan dapil. Maka sesuai putusan MK, itu akan kita serahkan kepada KPU namun tetap kita akan bahas bersama-sama," tutur Dasco. sinpo

Komentar: