Korban Tewas Akibat Serangan Rudal Rusia di Apartemen Dnipro Ukraina Bertambah

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 16 Januari 2023 | 08:45 WIB
Dampak serangan Rusia/ AP
Dampak serangan Rusia/ AP

SinPo.id - Penasihat gubernur regional, Natalia Babachenko, melaporkan bertambahnya korban tewas yang ditemukan di bawah puing-puing bangunan apartemen sembilan lantai di kota Dnipro, yang hancur akibat serangan rudal Rusia.

Sejauh ini 30 orang dipastikan meninggal dunia, puluhan orang masih dalam perawatan di rumah sakit, termasuk 12 orang dalam kondisi serius. Sementara puluhan orang lainnya diperkirakan masih terjebak di bawah puing-puing.

Dilansir dari Al Jazeera, pihak berwenang Ukraina mengatakan ada sedikit harapan untuk menyelamatkan lebih banyak orang yang selamat dari puing-puing blok apartemen yang runtuh.

Pasalnya, menurut petugas darurat, terdengar banyak orang berteriak minta tolong dari bawah puing-puing. Namun suhu yang mencapai titik beku membuat proses penyelamatan terganggu.

“Peluang untuk menyelamatkan orang sekarang sangat kecil. Kurasa jumlah yang mati akan bertambah," kata Walikota Dnipro Borys Filatov dikutip dari Reuters, Senin 16 Januari 2023.

Menurut angkatan udara Ukraina, Blok apartemen Dnipro dihantam rudal Kh-22 Rusia, sementara Ukraina tidak memiliki pertahanan udara untuk menembak jatuh rudal semacam itu. Padahal Rusia telah berulang kali membantah menargetkan warga sipil dalam perang.

 

(Foto: AP)

 sinpo

Komentar: