Menparekraf Terus Gencarkan Sosialisasi Program e-VOA

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 17 Januari 2023 | 09:22 WIB
Menparekraf, Sandiaga Uno/Kemenparekraf
Menparekraf, Sandiaga Uno/Kemenparekraf

SinPo.id -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memastikan pelayanan cepat bagi para wisatawan khususnya warga negara asing (WNA) yang masuk ke Tanah Air.

Hal tersebut disampaikan Sandi dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin, 16 Januari 2023 terkait dengan electronic visa on arrival (e-VOA) yang diluncurkan Kementerian Hukum dan HAM sejak November 2022.

Program ini bakal terus digencarkan sosialisasinya, sehingga wisatawan mancanegara yang datang akan cepat dan nyaman saat menggunakannya.

Sementara produk-produk baru Second Home Visa, ujarnya, akan memiliki produk turunan Golden Visa, yakni terobosan yang diperuntukkan bagi special talent digital, investor dan pelaku industri yang berkeinginan melakukan investasi di Indonesia.

Sandi juga menuturkan, kebijakan Golden Visa yang diinisiasi Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM ini, menargetkan WNA dari kalangan profesional yang secara signifikan mampu berkontribusi dalam perkembangan perekonomian Indonesia.

“Akan diberikan karpet merah (untuk WNA profesional) menuju Indonesia maju,” ujarnya.

Upaya tersebut juga bakal dimonitoring serta dievaluasi dalam dalam usaha mencapai target 7,4 juta pergerakan wisman bisa tercapai pada 2023.

“Visa (Golden Visa) akan diumumkan Kemenhan, tapi fiturnya untuk tarik investor dan juga seiring transformasi yang butuhkan teknologi terkini dan teknologi transformasi” imbuhnya.

Sebelumnya Ditjen Imigrasi merencanakan eksekusi kebijakan Golden Visa sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yang menargetkan WNA dari kalangan menengah ke atas.sinpo

Komentar: