DPR Minta Pemerintah Audit PT GNI

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 18 Januari 2023 | 18:38 WIB
Muhaimin Iskandar/Parlementaria
Muhaimin Iskandar/Parlementaria

SinPo.id -  Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meminta pemerintah segera melakukan audit total di pabrik smelter PT Gunbuster Nickel Industri (GNI). Audit harus menyasar sisi teknologi smelter hingga pelaksanaan aspek Keselamatan Kesehatan Kerja (K3).

"Saya kira perlu audit total secara komprehensif juga dari pemerintah di PT GNI. Semua aspeknya ya, mulai teknologi smelter, masalah K3-nya. Ini penting untuk mengungkap menyebabkan terjadinya bentrokan sekaligus mencegah kasus serupa di perusahaan yang lain,” kata Cak Imin  melalui keterangan tertulis, Rabu, 18 Januari 2023.

Menurut Ketua Umum PKB ini, audit menyeluruh penting dilakukan untuk mengungkap fakta penyebab bentrokan yang terjadi antar kelompok pekerja di PT GNI.

"Saya sangat sesalkan kejadian di Morowali Utara yang melibatkan karyawan PT GNI. Ini harus diusut tuntas, dan saya berharap betul aparat terkait dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh pekerja,” tegasnya.

Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini meminta semua pihak yang berseteru agar menahan diri. Semua pihak harus menyerahkan pengusutan kasus ini kepada kepolisian.

"Kita dukung aparat kepolisian mengusut kasus itu sampai tuntas, dan kita jangan mudah terprovokasi, apalagi berspekulasi,” kata dia.

Cak Imin memastikan DPR tidak diam. Komisi III DPR RI bahkan segera mendatangi lokasi bentrok berdarah PT GNI untuk mencari fakta lapangan.

"Komisi III nanti akan cek apa sebenarnya yang terjadi di PT GNI. Bagaimanapun bentrokan antar karyawan tidak boleh lagi terjadi selanjutnya,” tegas dia.sinpo

Komentar: