Sering Dampingi Jokowi di Momen Penting, Pengamat: Kapasitas Prabowo Tak Perlu Diragukan

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 18 Januari 2023 | 22:05 WIB
Kebersamaan Prabowo dan Jokowi di sela pertemuannya dalam Rapim di Kemhan/Tim Media
Kebersamaan Prabowo dan Jokowi di sela pertemuannya dalam Rapim di Kemhan/Tim Media

SinPo.id -  Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto sering terlihat mendampingi Presiden Joko Widodo di sejumlah momen penting kenegaraan.

Teranyar, Prabowo tampil mendampingi Presiden saat membuka Rapat Pimpinan di Kantor Kemhan, Jakarta, Rabu, 18 Januari 2023.

Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menilai hal ini wajar mengingat kapasitas Prabowo sebagai Menteri Jokowi memang memiliki perhatian di sejumlah bidang bukan cuma pertahanan saja, tapi aspek ekonomi hingga kesejahteraan rakyat.

"Ini menunjukkan kapasitas Prabowo sebagai menteri pertahanan tidak perlu diragukan lagi," ujar Bawono kepada SinPo.id, Kamis, 18 Januari 2023.

Kiprah Prabowo dalam menjalankan tugasnya sebagai Menhan, menurut Bawono, sangat mencolok.

Ketua Umum Partai Gerindra itu bahkan rajin sowan dan bertemu dengan delegasi asing, mulai dari Duta Besar hingga pemimpin negara dalam rangka menjalin kerjasama bidang pertahanan.

"Selama menjalankan amanah dan tugas sebagai menteri pertahanan RI Prabowo Subianto memang sangat terlihat menonjol aktif melakukan pertemuan dan komunikasi dengan berbagai negara maju dalam rangka menjajaki kerjasama modernisasi alutsista," jelas Bawono.

Mengingat Prabowo juga dicalonkan sebagai Calon Presiden dari koalisi Gerindra-PKB, wajar jika Jokowi akan merekomendasikan namanya kepada rakyat di Pilpres 2024 mendatang.

"Pilihan memberikan endorse kepada Prabowo Subianto sebagai presiden mendatang merupakan pilihan politik rasional bagi presiden Joko Widodo," kata Bawono

"Meski pernah menjadi rival presiden Joko Widodo pada dua pemilihan presiden, tapi Prabowo Subianto telah membuktikan kinerja dan kesetiaan terhadap presiden selama menjadi menteri pertahanan di dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo - Maruf Amin," tukas dia.sinpo

Komentar: