Jelang Setahun Invasi Rusia, Ukraina Undang China Berunding

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 19 Januari 2023 | 12:10 WIB
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy/Getty Images
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy/Getty Images

SinPo.id -  Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengundang Presiden China, Xi Jinping, untuk berunding melalui surat yang ditulisnya, mendekati peringatan satu tahun invasi Rusia ke Ukraina.

Menurut istri Zelenskyy, Olena Zelenska, surat tersebut diserahkan kepada delegasi China di Davos, Swiss, dalam Forum Ekonomi Dunia.

“Itu adalah isyarat dan undangan untuk berdialog dan saya sangat berharap akan ada tanggapan atas undangan ini,” kata Zelenska, dilansir dari Al Jazeera, Kamis 19 Januari 2023.

Zelenskyy sendiri telah berulang kali berusaha melakukan kontak dengan Xi sejak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari tahun lalu, dengan harapan Beijing akan menggunakan pengaruhnya terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pasalnya, Beijing selama berusaha memposisikan dirinya netral dalam perang.

Namun China dan Rusia telah mengumumkan kemitraan tanpa batas, khususnya di sektor energi, tak lama sebelum Putin memerintahkan pasukannya ke Ukraina.

Di samping itu, beberapa analis juga menyarankan China bisa bertindak sebagai mediator untuk merundingkan diakhirinya pertempuran di Ukraina.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, menyerukan kepada semua pihak untuk menjaga agar krisis tidak meluas, menggarisbawahi kekhawatiran tentang dampak ekonomi dari konflik yang telah mempengaruhi negara-negara di seluruh dunia.sinpo

Komentar: