ASPEPPI Setuju Sistem Proporsional Terbuka dalam Pemilu 2024 Dipertahankan

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 19 Januari 2023 | 14:03 WIB
Ketua Umum ASPEPPI, Abdul Hakim/ SinPo.id/ Ashar SR
Ketua Umum ASPEPPI, Abdul Hakim/ SinPo.id/ Ashar SR

SinPo.id -  Asosiasi Peneliti Persepsi Publik Indonesia (ASPEPPI) menyatakan setuju untuk tetap mempertahankan sistem proporsional terbuka dalam Pemilu 2024.

Pernyataan sikap tersebut disampaikan oleh sejumlah lembaga survei, yakni, Skala Survei Indonesia (SSI), Poligov, Litbang Sinpo, Simetris, Suara Politik Publik, dan Strakom Nusantara.

Ketua Umum Aspeppi, Abdul Hakim, mengatakan bahwa organisasi perkumpulan lembaga survei ini hadir sebagai elemen yang bisa menjadi indikator utama untuk mengukur kadar demokrasi sebuah negara.

"Salah satu cara mengukur kadar demokrasi pada suatu negara, dapat dilihat dari adanya lembaga survei yang independen," kata Abdul, dalam diskusi Menegaskan Posisi & Peran Lembaga Survei Menghadapi Pemilu 2024, Jakarta, Kamis 19 Januari 2023.

Selain sebagai instrumen untuk mengukur kadar demokrasi, kehadiran lembaga survei juga sangat membantu para politisi untuk mengetahui informasi tentang persepsi, harapan, dan evaluasi publik terhadap kondisi dan perkembangan sosial-politik.

"Artinya, lembaga survei bisa menjadi jembatan yang menghubungkan antara publik dengan negara, terkait penyampaian aspirasi," paparnya.

Lebih lanjut, kata Abdul, lembaga survei juga memiliki kedudukan yang spesial. Meski produk yang dihasilkan memcerminkan opini masyarakat dan berbasis scientific, namun terkadang tidak tetlepas dari konflik kepentingan antara negara dan industri.

Oleh karena itu, dalam rangka mengatasi konflik kepentingan, lembaga-lembaga survei yang tergabung dalam ASPEPPI akan menjaga fungsi-fungsi idealnya, namun tidak menghilangkan fungsi membantu negara dan industri dalam mengambil keputusan.sinpo

Komentar: