Indonesia Jumpa Jepang, Lebanon dan Tiongkok dalam Fase Grup Piala Bola Pantai Asia AFC 2023

Laporan: Sinpo
Jumat, 20 Januari 2023 | 00:21 WIB
Timnas Bola Pantai Asia AFC Cup 2023
Timnas Bola Pantai Asia AFC Cup 2023

SinPo.id -  Indonesia berada satu grup dengan Jepang, Lebanon dan Tiongkok di Grup C ajang Piala Bola Pantai Asia AFC 2023. Ini berdasarkan hasil undian di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis 19 Januari 2023. 

“Hari ini undian sudah dilakukan dan kita sudah tahu kita berada di grup yang mana. Yang pasti tim nasional harus segera mempersiapkan tim agar bisa siap bertanding lebih baik dari edisi kompetisi sebelumnya” ujar Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Sebanyak 16 negara partisipan termasuk Indonesia ikut dalam proses pengundian yang kemudian dibagi menjadi empat grup di mana setiap grup diisi oleh 4 negara. Pembagian pot bagi peserta pun didasarkan pada hasil kompetisi Piala Bola Pantai Asia AFC pada 2019.

Di edisi kompetisi Piala Bola Pantai Asia AFC 2019 lalu Indonesia tidak ikut berpartisipasi sehingga dihitung sebagai negara tanpa ranking, bersama dua negara lainnya, yakni Arab Saudi dan Uzbekistan.
Piala Bola Pantai Asia AFC tahun ini menjadi kompetisi kedua bagi Indonesia untuk berpartisipasi setelah sebelumnya pada 2011 .

“Ajang ini bagus untuk para pemain timnas bisa menimba pengalaman. Mereka bisa saling berhadapan dengan tim-tim yang jauh lebih berpengalaman di level Asia dan dunia yang kemudian bisa meningkatkan kualitas tim melalui laga-laga yang akan dihadapi di fase grup nanti” tutup Indra.

Sementara itu, Pelatih sepak bola pantai Indonesia Ida Nyoman Mahayasa mengatakan tidak akan gentar menghadapi lawan-lawannya di Grup C.

"Ini akan sangat baik bagi Indonesia untuk lebih mempersiapkan diri dan mematangkan strategi permainan. Terlebih setelah hasil turnamen sepak bola pantai Piala AFF di Thailand tahun lalu. Kami banyak mendapatkan pelajaran, meskipun belum mencapai hasil maksimal dikejuaraan tersebut," tuturnya.

"Kami tidak akan gentar walaupun ada juara bertahan Jepang dan akan berusaha bermain sebaik mungkin, respek dengan lawan-lawan kami dan tentu akan tampil habis-habisan disetiap laga. Tentu dengan menyiapkan tim yang lebih baik dari turnamen Piala AFF tahun lalu," lanjutnya.

Di turnamen Piala AFF tahun lalu, Indonesia merebut peringkat ketiga sekaligus menyabet medali perunggu. Ada beberapa catatan penting selama turnamen itu berlangsung, menurut Ida Nyoman Mahayasa.

"Kami akan mendongkrak fisik para pemain yang kurang prima, kemudian melakukan persiapan yang matang. Semoga kami bisa berbicara banyak di turnamen berikutnya nanti," tegasnya.

Pertandingan Piala Bola Pantai Asia AFC 2023 akan dilaksanakan di Thailand pada bulan Maret. Setelah menyelesaikan fase grup, dua tim yakni juara dan peringkat kedua dari setiap grup akan melaju ke babak perempat final dengan sistem gugur hingga partai final nanti.

Juara 1, peringkat 2 dan peringkat 3 akan secara otomatis lolos ke Piala Dunia Bola Pantai FIFA yang akan digelar akhir tahun ini.

Berikut Undian Piala Bola Pantai Asia AFC 2023:

Grup A: Thailand, Bahrain, Afganistan, Arab Saudi.

Grup B: Uni Emirat Arab, Iran, Malaysia, Uzbekistan.

Grup C: Jepang, Lebanon, Tiongkok, Indonesia.

Grup D: Oman, Palestina, Kuwait, Kirgistan.sinpo

Komentar: