Dewan Pers SinPo

Astronaut Shenzhou-15 Ucapkan Selamat Imlek 2023 dari Luar Angkasa

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 22 Januari 2023 | 13:36 WIB
Astronaut Shenzhou-15/Youtube
Astronaut Shenzhou-15/Youtube

SinPo.id -  Para astronaut Shenzhou-15, yaitu Fei Junlong, Deng Qingming, dan Zhang Lu, menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek dari stasiun luar angkasa Tiangong China dalam sebuah video yang dirilis oleh Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA) pada Malam Tahun Baru Imlek.

Mengenakan jumpsuit berwarna biru dengan pola merah tua, masing-masing astronaut memegang stiker yang menunjukkan kaligrafi buatan mereka. Dua dari stiker itu bertuliskan karakter bahasa Mandarin "fu", yang berarti semoga beruntung, sementara stiker ketiga menyampaikan ucapan semoga beruntung dari Tiangong.

"Mengenakan pakaian baru, memakan pangsit, dan mengirim ucapan selamat. Tradisi dan suasana di sini pun sama (seperti di China)," ujar Zhang dikutip dari kantor berita Xinhua, Minggu, 22 Januari 2023.

Ketiga astronaut tersebut menghias stasiun luar angkasa yang mengorbit dengan jarak sekitar 400 kilometer di atas Bumi itu dengan kuplet merah dan simpul China.

"Saya yakin bahwa saat ini banyak orang tetap bekerja seperti kami, yang juga merupakan salah satu bentuk kebahagiaan," kata Deng.

Deng menambahkan bahwa mimpi dan upaya dari setiap individu dapat menyatu menjadi sebuah kekuatan yang hebat untuk mendorong kampanye modernisasi China.

Fei, sang komandan, mendoakan perdamaian dan kemakmuran bagi negara dan rakyat China.

Dalam video lainnya yang juga dirilis oleh CMSA pada Sabtu, 21 Januari 2023, ketiga astronaut tersebut memamerkan 40 lukisan karya anak-anak dalam "pameran lukisan luar angkasa" sebagai hadiah Tahun Baru Imlek untuk seluruh rakyat China.

Deretan lukisan yang diluncurkan bersamaan dengan misi Shenzhou-15 pada 29 November tahun lalu itu menggambarkan kesan dan harapan anak-anak terkait pembangunan yang pesat, tradisi budaya yang beragam, dan penjelajahan antariksa yang berani yang dilakukan negara itu.

Misi Shenzhou-15 merampungkan tahap akhir dari pembangunan stasiun luar angkasa China dan memulai tahap pertama dari penerapan dan pengembangannya.

Selama periode enam bulan yang akan mereka habiskan di orbit, kru Shenzhou-15 akan melakukan lebih dari 40 eksperimen dan pengujian di bidang penelitian dan aplikasi ilmu pengetahuan antariksa, pengobatan antariksa, dan teknologi antariksa, serta akan melaksanakan aktivitas di luar wahana antariksa (extravehicular activity) sebanyak tiga hingga empat kali.
sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
SINPO TV
DPR RI Terima Kunjungan Duta Besar Uzbekistan

41 menit yang lalu

POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER