Teror Terhadap Jurnalis Papua, Bom Rakitan Meledak di Samping Rumah Victor Mambor

Laporan: Sinpo
Senin, 23 Januari 2023 | 18:20 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Sebuah bom rakitan meledak tepat di samping rumah jurnalis Papua Victor Mambor di Kota Jayapura, Senin 23 Januari 2023 dini hari tadi.  Bom meledak di pinggiran jalan yang berjarak hanya sekitar tiga meter dari dinding rumahnya di Kelurahan Angkasapura, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.

“Peristiwa ledakan terjadi sekitar pukul 04.00 WIT,” kata Victor mambor dikutip dari pernyataan sikap Alinasi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jayapura.

Victor menuturkan kronologi ledakan bom, saat itu dirinya yang belum belum beristirahat saat itu mendengar bunyi motor berhenti di jalan tepat di samping rumahnya sebelum terjadi ledakan.

“Tak lama kemudian pengendara motor itu meninggalkan lokasi tersebut dan sekitar satu menit terdengarlah bunyi ledakan,” ujar Victor menceritakan.

Bunyi ledakan ini tak hanya mengagetkan Victor dan keluarganya. Sejumlah Warga setempat di komplek pemukiman itu juga sempat meninggalkan rumahnya untuk memeriksa lokasi sumber ledakan.

Semula Victor mengira bunyi tersebut bersumber dari gardu listrik yang meledak. Saat terjadi ledakan, dinding rumah bergetar seperti terjadi gempa bumi. Setelah diperiksa sumber ledakan dan tercium bau belerang yang berasal dari samping rumah.

“Teryata terdapat bekas ledakan di jalan yang jaraknya hanya tiga meter dari dinding rumah, " ungkap Victor menjelaskan.

Aksi teror bom rakitan itu terekam kamera CCTV yang terpasang di salah satu bagian rumah Victor. Terlihat sekilas sebuah motor honda yang melintasi samping rumahnya sebelum terjadi ledakan.

Victor Mambor merupakan jurnalis Papua yang tinggal di Jayapura dan peraih Udin Award Tahun 2022.

Dengan peristiwa itu ia telah melaporkan ke Polresta Jayapura Kota. Penyidik Polresta Jayapura Kota pun telah melaksanakan olah tempat kejadian perkara, pengambilan keterangan dari Victor dan mengamankan barang bukti berupa sumbu dan material lainnya sisa ledakan bom pada pukul 09.00 WIT.

Teror Bukan Kali Ini Menimpa Victor   

Tercatat sudah dua kali aksi teror yang dialami Victor. Kasus yang pertama terjadi pada tanggal 21 April tahun 2021. Mobil Isuzu D-Max (Double Cabin) milik Victor yang diparkir di tepi jalan di samping rumahnya dirusak orang tak dikenal.

Kasus ini sudah dilaporkan ke Polresta Jayapura Kota namun belum ditemukan pelakunya hingga kini. Diduga aksi teror ini terkait produk jurnalistik yang dihasilkan media Jubi. Victor sebagai pemimpin umum perusahaan media Jubi.

Ketua AJI Jayapura, Lucky Ireeuw mengatakan telah menjalin komunikasi dengan Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Victor Mackbon agar mengungkap pelaku dalam kasus teror terhadap jurnalis itu.  Ia juga mengecam keras aksi teror bom dan menilai perbuatan intimidasi yang mengancam kebebasan pers di Papua.

“AJI Jayapura meminta Polda Papua dan Polresta Jayapura Kota mengusut tuntas pelaku dan motif di balik aksi teror bom yang menimpa Victor Mambor,” ujar Lucky.

AJI Jayapura mengajak seluruh jurnalis di tanah Papua agar tidak pantang mundur menyuarakan kebenaran di tengah berbagai rintangan.

“Fiat Justitia Ruat Caelum, yang berarti hendaklah keadilan ditegakkan walaupun langit akan runtuh,” kata Lucky menegaskan.sinpo

Komentar: