Dewan Pers SinPo

Soal Kenaikan Biaya Haji, Jokowi: Belum Final Sudah Rame

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 24 Januari 2023 | 16:50 WIB
Presiden Joko Widodo/ Twitter
Presiden Joko Widodo/ Twitter

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal wacana kenaikan biaya haji yang diusulkan Kementerian Agama (Kemenag). Jokowi menegaskan kenaikan biaya haji masih dalam kajian dan belum final.

"Biaya (haji) masih dalam proses kajian, itu belum final," kata Jokowi kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 24 Januari 2023.

Jokowi menegaskan, kenaikan biaya haji 2023 masih dalam proses perhitungan dan masih melalui kajian.

"Belum final sudah rame, masih dalam proses kajian masih kalkulasi," ujarnya.

Sebelumnya Kementerian Agama mengusulkan untuk menaikkan biaya haji yang dibayarkan jamaah menjadi Rp 69,20 juta. Artinya biaya haji bakal melonjak nyaris dua kali lipat dari tahun lalu sebesar Rp 39,8 juta.

Wacana itu disebutkan saat rapat kerja Menteri Agama bersama Komisi VIII DPR RI di kompleks Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Biaya haji yang sebesar Rp 69,20 juta itu merupakan 70 persen dari usulan rata-rata Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang mencapai Rp98.893.909,11, sementara 30 persen sisanya ditanggung oleh dana nilai manfaat yang sebesar Rp29,7 juta.

Salah satu alasan dari kenaikan biaya haji ini ditujukan untuk menjaga keberlangsungan dana nilai manfaat di masa depan.sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER