Dewan Pers SinPo

DPR Putuskan Sembilan Calon Anggota KPI, Berikut Namanya

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 24 Januari 2023 | 18:42 WIB
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Komisi I DPR RI telah memutuskan sembilan nama calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang lolos uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. Kesembilan nama itu selanjutnya akan diparipurnakan.

"Adapun sembilan calon anggota KPI Pusat periode 2022-2025 yang telah dipilih oleh Komisi I secara musyawarah untuk mufakat," kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 24 Januari 2023.

Meutya mengatakan kesembilan nama ini dipilih berdasarkan hasil fit and proper test yang digelar Komisi I DPR RI pada 18-19 Januari 2023.

Pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan calon anggota KPI Pusat periode 2022-2025 ini mengacu kepada Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2022 tentang Penyiaran, Peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib, serta keputusan rapat intern Komisi I DPR RI pada 11 Januari 2023.

"Teman-teman pers kami sampaikan juga ini mempertimbangkan juga 30 persen (keterwakilan) perempuan, sehingga dari 9 calon ada 3 perempuan yang menjadi calon anggota KPI, menunggu disahkan saja, jadi sudah dipilih jadi sekali lagi tercapai 30 persen perempuan," kata dia.

Meutya mengatakan Komisi I selanjutnya akan menyampaikan kepada rapat Bamus untuk ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR RI sebagaimana amanah Pasal 227 Ayat 2 Tatib DPR RI. Komisi I DPR RI berharap para calon anggota KPI Pusat terpilih bisa menjaga integritas dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas fungsi, wewenang, dan kewajiban KPI sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2022 tentang Penyiaran.

"Komisi I DPR RI menekankan pentingnya tugas dan fungsi KPI agar lebih inovatif, adaptif, lincah atau agile dalam membumikan program-program strategis pengawasan siaran dan penguatan pemirsa dalam hal ini literasi juga sosialisasi penyiaran yang sehat bagi masyarakat," kata dia.

Kesembilan nama calon anggota KPI Pusat terpilih, yakni Aliyah, Amin Shabana, Evri Rizqi Monarsih, I Made Sunarsa, Mimah Susanti, Mohammad Reza, Muhammad Hasrul Hasan, Tulus Santoso, dan Ubaidillah.

Komisi I DPR RI juga menyepakati cadangan komisioner KPI periode 2022-2025. Mereka, yakni Mulyo Hadi Purnomo, Tantri Relatami, Cecep Suryadi, Ida Fitri Halili, Gustav Aulia, dan Bondan Kartiko.

"Demikian, dan kami akan segera tindaklanjuti dengan bersurat kepada Bamus untuk segera disahkan di forum paripurna," tegas Meutya.

 sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
SINPO TV
DPR RI Terima Kunjungan Duta Besar Uzbekistan

35 menit yang lalu

POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER