Dewan Pers SinPo

Belasan Tank Leopard 2 Akan Segera Dikirim Jerman ke Ukraina

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 25 Januari 2023 | 08:31 WIB
Tank Leopard 2 Jerman/Anadolu
Tank Leopard 2 Jerman/Anadolu

SinPo.id -  Kanselir Jerman, Olaf Scholz, telah memutuskan untuk mengirim tank Leopard 2 ke Ukraina, dan mengizinkan negara lain untuk melakukan hal yang sama, setelah sebelumnya ragu karena khawatir hal itu akan meningkatkan konflik dengan Rusia.

Namun karena adanya tekanan internasional, Mr Scholz akhirny memutuskan untuk mengirim setidaknya 14 Leopard 2, jumlah yang sama dari Leopard yang ingin dikirim Polandia, dan jumlah yang sama dari tank Challenger 2 yang telah dijanjikan Inggris ke Ukraina.

Menurut International Institute for Strategic Studies, setidaknya 16 negara Eropa dan NATO telah memiliki tank Leopard 2. Meski sebenarnya tidak semua negara akan mengirim tank ke Ukraina.

Ukraina sendiri masih tidak mungkin mendapatkan 300 tank tempur utama modern yang dibutuhkan untuk memenangkan perang. Tetapi jika setengah lusin negara Barat masing-masing menyediakan 14 tank, maka totalnya menjadi hampir seratus.

Keputusan Mr Scholz juga disambut baik oleh Kepala Komite Pertahanan Parlemen Jerman dari partai liberal FDP, Marie-Agnes Strack-Zimmermann.

"Keputusan itu sulit, memakan waktu terlalu lama, tetapi pada akhirnya itu tidak dapat dihindari. Hal itu akan membuat lega orang-orang Ukraina yang babak belur dan pemberani," katanya, dilansir dari BBC, Rabu 25 Januari 2023.

Ukraina sendiri telah meminta Barat untuk menyediakan jet tempur modern sejak perang dimulai. Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala staf presiden Ukraina, Andriy Yermak, yang mengatakan bahwa Kyiv membutuhkan ratusan tank untuk membentuk tinju penghancur melawan Rusia.

"Tank adalah salah satu komponen bagi Ukraina untuk kembali ke perbatasan tahun 1991," tulisnya di Telegram setelah muncul laporan bahwa Jerman setuju untuk mengirim tank.sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER