Survei LPMM: Masyarakat Ingin Sosok Presiden 2024 yang Faham Ekonomi

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 26 Januari 2023 | 19:03 WIB
Ilustrasi/Bawaslu
Ilustrasi/Bawaslu

SinPo.id -  Koordinator survei Lembaga Penelitian Masyarakat Milenial (LPMM), Andrey Santoso memaparkan survei yang dilakukan pihaknya terkait capres potensial di 2024.

Andrey menjelaskan, survei ini mengunakan jumlah Responden sebanyak 2.078 Warga Negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih saat pemilu 2024.

Para responden tersebar di 34 provinsi di Indonesia, pengambilan sample mengunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,15 persen dan memiliki Tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun periode survei dilakukan mulai tanggal 5 Januari sampai dengan 18 Januari 2023.

"Hasil Survei pilihan publik yang terwakili oleh 2078 responden terkait Calon Presiden Harapan Rakyat jika pilpres digelar hari ini maka nama Airlangga  Hartanto dipilih sebanyak 25,8 persen," kata Andrey dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 26 Januari 2023.

Elektablitas Airlangga disusul sejumlah nama lain seperti Kemudian Prabowo Subianto 21,2 persen, Ganjar Pranowo 16,9 persen dan Moeldoko 6,1 persen.

Kemudiaj, Anies Baswedan  5,6 persen, Puan Maharani 5,2 persen , Ridwan Kamil  3,7 persen.

Agus Harimurti Yudhoyono 3,2 persen, Erick Thohir 1,8 persen dan tokoh lainnya dan tidak memilih 10,5 persen.

"Hasil temuan survei responden yang memilih Airlangga sebagai Presiden RI," jelas Andrey.

Andrey mengatakan, tingginya elektabilitas Airlangga tidak lepas dari peran sentral Airlangga sebagai menteri yang memiliki tugas untuk memulihkan perekonomian, salah contoh konkretnya pada tahun 2022, pemerintah telah mengupayakan perluasan akses pembiayaan yang mudah dan murah bagi pelaku UMKM dengan menetapkan plafon KUR sebesar Rp373,17 triliun.

Menanggapi hasil survei Lembaga Penelitian Masyarakat Milenial (LPMM),  pengamat politik dari FISIP Universitas Al-Azhar, Heri Herdiawanto menilai jika melihat hal yang wajar jika Airlangga Hartarto masih menjadi pilihan masyarakat.

"Ya sah-sah saja jika survei LPPM memunculkan Airlangga Hartarto sebagai capres pilihan masyarakat di 2024," kata Heri kepada wartawan, Kamis, 26 Januari 2023.

Heri mengatakan, survei ini menunjukkan jika partai politik masih terus melakukan langkah politiknya untuk mendapatkan hati masyarakat.

"Kalau soal pasangan capres semua parpol masih mengecek ombak, maka Airlangga masih memiliki peluang di pilih masyarakat menjadi presiden 2024," ujarnya.sinpo

Komentar: