Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru, Wamenkeu : Sektor Keuangan Harus Diperdalam

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 27 Januari 2023 | 09:29 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan, sektor keuangan harus diperdalam untuk dapat memainkan peran penting dalam menciptakan sumber pertumbuhan ekonomi baru mendorong perekonomian Indonesia.

Dorongan itu dengan penggunaan produksi dalam negeri, pemanfaatan ekonomi digital, pengembangan ekonomi hijau, pengembangan UMKM, hilirisasi industri sawit dan sumber daya alam, serta reformasi sektor keuangan.
“Kita punya PR besar memperdalam sektor keuangan Indonesia ke depan,” kata Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara, dikutip Jumat 27 Januari 2023.

Nazara juga mengatakan pentingnya akses modal untuk sekor UMKM, terutama dari sisi perbankana. “Di sini sektor keuangan memainkan peranan yang sangat penting,”  kata Nazara menambahkan.

Kemenkeu telah mentargetkan penyaluran kredit perbankan kepada UMKM ditingkatkan sekitar 30 persen pada tahun 2024, untuk dapat menciptakan UMKM dan bisnis baru di Indonesia.

Sedangkan sektor keuangan Indonesia masih didominasi oleh industri perbankan, yang artinya masih sangat terbuka luas untuk mengembangkan industri lain, seperti asuransi, dana pensiun, dan pembiayaan.

Ia mengakui dari aset bank Indonesia  di bawah dari negara-negara tetangga. Termasuk kapitalisasi pasar modal juga masih di bawah.

“Aset industri asuransi per PDB kita juga yang rendah. Aset dana pensiun terhadap PDB itu kita juga relatif tidak terlalu tinggi," kata Nazara menjelaskan.
Ia berharap beberapa lanjutan relaksasi bagi restrukturisasi perbankan yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat digunakan dengan baik untuk mendorong pemulihan ekonomi Indonesia.sinpo

Komentar: