Tersangkut di Rel, Truk Pengangkut Mobil Baru Tertabrak Kereta Api di Mojokerto

Laporan: Sinpo
Jumat, 27 Januari 2023 | 10:47 WIB
Ilustrasi kecelakaan/ Pixabay
Ilustrasi kecelakaan/ Pixabay

SinPo.id - Kereta Api Sancaka jurusan Yogyakarta-Surabaya menabrak truk tronton pengangkut mobil baru di perlintasan tak berpalang Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, Kamis, 26 Januari 2023 malam.

Dikutip website Korlantas Polri, kecelakaan disebabkan badan truk tronton pengangkut mobil tersangkut rel dan terhenti di tengah perlintasan kereta api. Beruntung tidak ada korban jiwa, namun sejumlah mobil baru mengalami kerusakan cukup parah.

Dalam video amatir, terlihat jelas detik-detik Kereta Api Sancaka menabrak truk tronton di perlintasan tak berpalang di Desa Kepuhanyar. Truk tronton pengangkut mobil terlihat terhenti karena body bagian bawah tersangkut rel, dan langsung tertabrak kereta api yang melintas.

Saat akan tertabrak, sopir truk langsung keluar sehingga selamat. Namun, akibat kecelakaan sejumlah mobil baru mengalami kerusakan cukup parah. Proses evakuasi mengalami kesulitan karena body truk tronton ringsek.

Warga sekitar yang juga penjaga rel tak berpalang segera berlari ke arah barat untuk menghentikan kereta api, namun kereta api tetap berjalan hingga menabrak bagian tengah truk. Beruntung, truk tidak terseret terlalu jauh.

“Truk tersangkut rel sehingga tak bisa melintas saat akan kejadian KA sampai di Sekar Putih, sehingga saya sempat berlari sejauh 200 meter untuk menghentikan kereta api, namun tak bisa dan tetap menabrak truk,” kata penjaga perlintasan kereta, Mohammad Anam.

Akibat kecelakaan ini, sejumlah kendaraan baru mengalami kerusakan. Selain kondisi lokomotif juga mengalami kerusakan sehingga harus diganti dengan lokomotif yang baru.

Kasat Lantas Polres Mojokerto AKP Bayu Agustyan mengatakan, kecelakaan disebabkan karena body truk tersangkut rel. Sehingga saat kereta melintas truk tak bisa jalan dan langsung tertabrak kereta api.

“Karena jalur ini tidak diperkenankan truk besar lewat jalur ini. Ketika melintasi jalur trailer ini tersangkut rel,” jelasnya.
 sinpo

Komentar: