BKSAP DPR Sebut Penembakan Tentara Israel di Kamp Pengungsi Palestina Sebagai Genosida

Laporan: Sinpo
Minggu, 29 Januari 2023 | 06:23 WIB
Jenazah warga Palestina yang ditembak Israel/ Reuters
Jenazah warga Palestina yang ditembak Israel/ Reuters

SinPo.id - Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI mengutuk keras penembakan warga Palestina di kamp pengungsi Jenin. Menurut Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon, aksi itu mengarah ke tindakan genosida.

Fadli Zon tegaskan serangan Israel itu sangat brutal dan kejam. Menurutnya, sudah lebih 30 warga Palestina dibunuh Isreal sepanjang tahun ini. Fadli Zon mengutuk keras insiden tersebut, dan berharap komunitas internasional untuk secepatnya menghentikan aksi Israel itu.

“DK PBB jangan hanya mengecam dan menonton. Sementara dunia Barat jangan mempraktikkan standar ganda dan kemunafikan dalam menyikapi pembantaian warga Palestina oleh Israel,” ujar Fadli dikutip dari Parlementaria.
 
Lebih lanjut, Fadli juga menjelaskan serangan terhadap sebuah kamp pengungsian yang dihuni warga tak berdaya adalah jelas-jelas mengarah ke genosida. Menurut dia, Israel sangat ingin menjadikan bangsa Palestina punah.

"Ini tak sekadar pembantaian. Sekali lagi, ini seperti genosida. Apalagi di antara korban tewas terbaru itu ada perempuan berusia 61 tahun,” tegasnya.

Pada sisi lain, Wakil Presiden the League of Parliamentarians for Al Quds itu mendukung respon Otoritas Palestina yang mengancam memutuskan kerja sama keamanan dengan Israel di Jenin. Dia berharap ancaman itu konsisten dilaksanakan.

"Ini momentum bagi Otoritas Palestina untuk lebih mandiri dan berani. Ini juga momentum bagi persatuan bangsa Palestina yang tengah ke arah tren positif pasca Deklarasi Aljazair terkait rekonsiliasi antarfaksi Palestina Oktober tahun lalu,” katanya.

Politisi Gerindra ini mengingatkan masa depan perdamaian melalui solusi dua negara semakin terancam lantaran rezim sayap kanan radikal Israel saat ini.

“Dunia harus tahu bagaimana bisa Menhan Itamar Ben-Gvir terus berusaha memberikan kekebalan hukum kepada tentara Israel yang menembak warga Palestina, memposting video dirinya di samping kepala polisi Israel, berseri-seri penuh kemenangan pasca penyerangan,” paparnya.

Terkait peran parlemen OKI untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina, Fadli menyampaikan bahwa Delegasi DPR di pertemuan Forum Parlemen Negara-negara OKI itu menegaskan pentingnya membawa Israel ke Mahkamah Internasional, mendorong realisasi rekonsiliasi Palestina, menggalang dukungan internasional untuk menekan Israel agar tunduk pada hukum internasional.sinpo

Komentar: