Drone Pembawa Bom Targetkan Pabrik Pertahanan Iran

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 29 Januari 2023 | 20:53 WIB
Drone pembawa bom menargetkan pabrik pertahanan Iran (Foto: AP)
Drone pembawa bom menargetkan pabrik pertahanan Iran (Foto: AP)

SinPo.id -  Drone pembawa bom menargetkan pabrik pertahanan Iran di pusat kota Isfahan pada Sabtu 28 Januari 2023 malam waktu setempat. Hal itu diungkap oleh aparat berwenang Iran. 

Seperti dilansir dari CNBC, serangan itu terjadi setelah Kementerian Intelijen Iran pada bulan Juli mengklaim telah menghentikan rencana untuk menargetkan situs-situs sensitif di sekitar Isfahan.

Termasuk pengakuan yang diklaim oleh anggota Komala, sebuah partai oposisi Kurdi yang diasingkan dari Iran dan sekarang tinggal di Irak, terkait rencana untuk menargetkan fasilitas kedirgantaraan militer di Isfahan.

Kementerian Pertahanan Iran sendiri belum memberikan informasi terkait siapa yang dicurigai dalam serangan itu, ketika gempa berkekuatan 5,9 juga melanda barat laut Iran.

Namun, Teheran sendiri telah menjadi sasaran dalam dugaan serangan pesawat tak berawak Israel di tengah perang bayangan dengan saingannya di Timur Tengah karena kesepakatan nuklirnya.

Sementara itu, ketegangan negara tetangganya, Azerbaijan, juga masih tinggi, setelah seorang pria bersenjata menyerang kedutaan Azerbaijan di Teheran, menewaskan kepala keamanannya dan melukai dua orang lainnya.

Menurut Kementerian Pertahanan Iran, tiga drone diluncurkan di fasilitas tersebut sekitar pukul 11.30 malam, dengan dua di antaranya berhasil ditembak jatuh. Namun tidak ada korban luka.
 sinpo

Komentar: