Minyak Goreng Subsidi Langka, Pemerintah Diminta Ambil Langkah Antisipasi

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 30 Januari 2023 | 15:12 WIB
Minyakita/ Dok. Kemendag
Minyakita/ Dok. Kemendag

SinPo.id - Minyak goreng subsidi yang diluncurkan pemerintah dengan merek Minyakita saat ini mulai sulit ditemukan. Bahkan harganya sudah melampaui harga eceran tertinggi (HET).

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Sarmuji, meminta pemerintah untuk segera mengantisipaai kelangkaan tersebut dengan menjaga rantai pasok.

"Ini harus diantisipasi oleh pemerintah dengan menjaga rantai pasok dan stok melebihi dari perkiraan sebelumnya," kata Sarmuji kepada SinPo.id, Senin 30 Januari 2023.

Menurutnya, kelangkaan tersebut juga disebabkan disposible income masyarakat menurun, seiring dengan kenaikan harga barang, padahal Minyakita didesain untuk masyarakat  kalangan bawah.

"Masyarakat akhirnya menurunkan level selera sehingga kelas menengahpun akhirnya berpindah ke minyakita," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Bidang Penguatan Usaha dan Investasi DPP IKAPPI Ahmad Choirul Furqon menyebut kelangkaan Minyakita sebagai hal yang tidak wajar dan terdapat sebuah anomali.

Terlebih di sejumlah daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur harganya sudah mencapai Rp 16 ribu, yang artinya jauh dari batas HET.sinpo

Komentar: