Orang tionghoa jang mengoembara

Laporan: Sinpo
Selasa, 31 Januari 2023 | 08:47 WIB
Koran Sin Po 31 Januai 1925, (Monash University/SinPo.id)
Koran Sin Po 31 Januai 1925, (Monash University/SinPo.id)

Ampir di koeliling ploksok dari doenia, orang katemoeken bangsa Tionghoa., Di Hawai dan New York, di Amsterdam, dan Brisbane, di Mexico dan Siberie,, di Ternate dan Nisjni Novgorod, pendeknja ampir tida ada tempat di doenia dimana orang tida menampak orang, Tionghoa., Maskipoen begitoe djoemblanja bangsa Tionghoa jang mengoembara di negri asing tiada ada begitoe banjak, seperti barangkali orang doega.

Tjoema kira-kira 2 pCt. dari pendoedoek Tionghoa tinggal di negri negri asing. Mr. Ta Chen (dari Tsinghua College di Peking) telah toelis satoe boekoe jang lengkap tentang orang-orang Tionghoa di negri asing.

Ini boekoe jang dinamaken „Chinese Migrations with special reference to Labour Conditions” telah ditoelis boeat kaperloeannja U. S. Bureau of Labour Statistics. Menoeroet Mr. Ta Chen poenja pa- ^ereksahan sekarang djoemblanja antero bangsa Tionghoa di negri-negri asing ada 8.179.582.

Maskipoen dapet banjak rintangan dari roepa-roepa matjem (sebagi prenta Keizer Tiongkok taon 1712 jang. Larang orang Tionghoa jang telah pergi ka negri asing poelang lagi ka Tiongkok) "ada oeroeng besar djoemblanja orang-°rang Tionghoa jang mengoembara ka koeliling djoeroesan.

Di iaorang poenja tanah aer kadoea -orang sering dapet banjak oentoeng, boeka banjak peroesahan, dapet roepar° epa rintangan lantaran perbedahan Wet, tapi.... tinggal setia pada iaorang P°enja tanah aer atawa tanah laloehoer 叫wa dengen perkatahannja Mr. TaChen sendiri: j,Under favourable social conditions &ey have been successful in businessin trades; by their aid in capital labour they have initiated and de- Veloped important industries to augment wealth ol their adopted countries,^ey have been handicapped by social 叫 legal discriminations; they have been loyal to their mother country1,.1'oean Chen bedahken tiga djeman periods) dari pengoembarahan bangsa ^onghoa ka negri asing.

Pertama, jalah dalem abad ka 7, angsa Tionghoa moelain mengoembaraa Pheng.hu Archipelago (poelo-poelo escadores) dan Formosa; sebagian besar dari ini kolonisten Tionghoa pertama dateng dari kota-kota pinggir laoetan, sebagi Foochow, Chuanchow, Amoy, Ningpo, Swatow, Canton, • dan Hainan.

Di itoe koetika moelain perdagangan ka tiga djoeroesan, jalah ka Malakka, ka Indonesie dan ka Philippyneri. Kadoea, jalah moelain dari abad ka 15 orang Tionghoa mengoembara lebi djaoe lagi. Koetika Cheng Ho (Sam Po Toa Lang) balik dari iapoenja perdjalan ka „Laoetan Barat” banjak sekali orang dari Fukien (Hokkian) dan Kwangtung (Kwitang) pergi tjari negri jang menoeroet tjerita dan dongengan ada penoe dengen kaheranan dan kakajahan. Boekan sedikit orang Tionghoa mengoembara di itoe koetika di „Laoetan Selatan” (Nan yang atawa Lamjang), jalah ka Sumatra, Borneo, Celebes dan Java.

Katiga, jalah dalem abad ka 19, orang Tionghoa mengoembara ka djadjahan-djadjahan orang koelit poeti.

Kira-kira dalem tahon i860 banjak sekali koeli-koeli Tionghoa pergi ka djadjahan-djadjahan Olanda, Inggris, Spanjol, Portugal dan laen-laen lagi, sebab itoe negri-negri poeti mengarti ia bisa tarik banjak oentoeng kaloe goenaken tenaganja bangsa Tionghoa- Mr. Chen dapet kanjatahan, bahoea oemoemnja orang Tionghoa jang mengembarasinpo

Komentar: