KPK Sarankan Menkes Budi Laporkan Temuan Praktik Jual Beli Rekomendasi Dokter

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 31 Januari 2023 | 15:55 WIB
Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri/ SinPo.id/ Zikri Maulana
Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri/ SinPo.id/ Zikri Maulana

SinPo.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyarankan Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin melaporkan temuannya terkait dugaan adanya praktik jual beli rekomendasi dokter. KPK memastikan bakal menindaklanjuti setiap laporan. 

"Setiap laporan masyarakat ke KPK, kami pastikan ditindaklanjuti oleh bagian pengaduan dan pelaporan masyarakat KPK," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa 31 Januari 2023. 

Ali menjelaskan, pada tahap awal laporan yang diajukan akan diverifikasi dan ditelaah terlebih dahulu untuk memastikan kelengkapan laporan tersebut. Selain itu, KPK juga bakal memperluas informasi berdasarkan pengaduan itu, sebagai bagian dari verifikasi tersebut. 

"Yang berikutnya tim pengaduan juga akan memperkaya informasi tersebut sebagai bagian dari verifikasi dan telaahannya," kata Ali. 

Sebelumnya Menkes Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan adanya praktik penerbitan rekomendasi izin praktik dokter di Indonesia. Hal itu disampaikan Budi dalam webinar bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Riau.

"Ada beberapa dokter yang tidak nyaman karena kalau mau dikasih rekomendasi, ada janji setoran ke atas yang masuk ke grup," kata Budi dalam webinar bertajuk 'Polemik Kewenangan Rekomendasi Izin Praktik Dokter' di YouTube Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Riau, Senin 30 Januari 2023. 

Budi mengatakan, pemberian setoran tersebut dialami oleh sejumlah dokter spesialis, yang kebanyakan dari mereka tidak nyaman dengan ini. Namun demikian, mereka pun tidak bisa berbuat apa-apa karena adanya ancaman bahwa rekomendasi itu tidak akan dikeluarkan dengan alasan apapun. sinpo

Komentar: