BNPB: Pembangunan Rumah Insitu Warga Cianjur Harus Dipercepat

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 01 Februari 2023 | 09:34 WIB
Kepala BNPB, Letjen Suharyanto/BNPB
Kepala BNPB, Letjen Suharyanto/BNPB

SinPo.id -  Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto memimpin Rapat Koordinasi dengan Aplikator yang akan melakukan pembangunan kembali rumah terdampak gempa Cianjur yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Selasa, 31 Januari 2023.

Dalam rapat ini Suharyanto menegaskan pembangunan kembali rumah Insitu agar lebih dipercepat.

"Pascabencana Cianjur, progresnya masih harus ditingkatkan, semakin lama tidak bergerak maju, semakin lama masyarakat tidak segera tertangani, harus dipercepat" tegas Suharyanto.

Pembangunan rumah Insitu yang dilakukan oleh para aplikator akan dikomandoi oleh Satgas yang dipimpin Danrem 061/Surya Kencana.

"Aplikator ataupun pihak ketiga yang akan melakukan pembangunan rumah-runah insitu, melalui Satgas Cianjur di bawah kendali Danrem," ucap Suharyanto.

"Aplikator yang sudah memenuhi syarat ialah Rumbako dan Domus. Masih ada beberapa aplikator lainnya yang sedang diuji oleh PUPR," imbuhnya.

Hingga kini hampir 200 rumah warga sedang dilakukan pembangungan.

"199 unit rumah Insitu dalam proses pembangunan kembali, sementara pembersihan puing-puing mencapai tujuh ribu rumah," tutur Suharyanto. sinpo

Komentar: