Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Momentum Perbaikan Sepak Bola Indonesia

Laporan: Sinpo
Kamis, 02 Februari 2023 | 06:17 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengungkapkan bahwa perhatian dan dukungan Presiden federasi sepak bola internasional atau FIFA terhadap Indonesia sangat luar biasa. Hal itu dibuktikan dengan dijadikannya Indonesia sebagai tuan rumah FIFA World Cup U-20 tahun 2023.

Rencanannya Piala Dunia U-20 ini akan diselenggarakan 20 Mei - 11 Juni 2023 di 6 kota, salah satunya di Palembang, Sumatera Selatan. Menurut Menpora Amali, kepercayaan Presiden FIFA tersebut harus menjadi momentum untuk memperbaiki sepakbola nasional.

"Sekarang kita dipercaya oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20 tahun 2023, salah satunya tempat penyelenggaraannya di Palembang dan lima kota lainnya. Ini harus menjadi momentum kita untuk melangkah kedepan tentang bagaimana perbaiki sepak bola Indonesia," ujar Menpora Amali saat membuka secara resmi acara Forum Group Discussion (FGD) penyempurnaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional yang digelar di Hotel Novotel, Palembang, Selasa 31 Januari 2023 malam. 

Menpora Amali juga bercerita, saat Presiden FIFA Gianni Infantino saat melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, menyampaikan keinginannya menjadikan Indonesia sebagai sentrum sepakbola Asia. Bahkan, hal tersebut juga disampaikan kembali Presiden FIFA kepada dirinya saat melakukan pertemuan di Doha, Qatar.

"Presiden FIFA sudah luar biasa kepada Indonesia, kalau kita tidak menyambut, kalau kita tidak berubah, kalau kita tidak mau bertransformasi maka sampai kapanpun sepak bola Indonesia akan begini saja," katanya. 

Dengan demikian, Menpora Amali mengajak semua untuk melakukan langkah perbaikan terhadap sepakbola Indonesia diantaranya perbaikan tata kelola, perbaikan kompetisi, pembinaan usia dini dan berbagai hal lainnya.

"Sehingga meyakinkan Presiden, Pak Presiden Joko Widodo sangat punya perhatian besar terhadap sepak bola dan ini bukan omongan kosong. Satu-satunya cabang olahraga yang ada Inpresnya hanya sepak bola, mari kita sambut dengan lapang dada, dengan kerja keras apa yang sudah diarahkan oleh Presiden," pungkas Menpora Amali.

Turut hadir Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Deputi Bidang Perundang-undangan dan Administrasi Hukum, Lydia Silvanna Djaman, Asdep Kemenko PMK, Teguh Supriyadi, perwakilan Kemenkum HAM, Waketum PSSI, Iwan Budianto, Sekjen PSSI, Yunus Nusi, Dirut PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus Asdep Olahragawan Andalan Kemenpora Surono, dan Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Kemenpora Sanusi, Asprov PSSI se-Sumatera dan Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga se-Sumatera dan perwakilan klub sinpo

Komentar: