Rusia Ingatkan Isreal Tak Pasok Senjata ke Ukraina

Laporan: Sinpo
Kamis, 02 Februari 2023 | 01:40 WIB
Ilustrasi perang (SinPo.id/Pixabay)
Ilustrasi perang (SinPo.id/Pixabay)

SinPo.id -  Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova memperingatkan Israel agar tidak memasok senjata ke Ukraina. Menurut dia, pasokan senjata itu merupakan target untuk angkatan bersenjata Rusia.

"Kami mengatakan bahwa semua negara yang memasok senjata (ke Ukraina) harus memahami bahwa kami akan menganggap (senjata) ini sebagai target yang sah untuk angkatan bersenjata Rusia," kata seperti dilansir AFP, Rabu 1 Februari 2023. 

Peringatan itu disampaikan setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan sedang mempertimbangkan bantuan militer untuk Kyiv dan bersedia menjadi penengah dalam konflik tersebut.

Sejak awal serangan Rusia di Ukraina pada Februari tahun lalu, Israel bersikap hati-hati terhadap Moskow dan berusaha menjaga netralitas. Israel secara khusus menekankan hubungan antara kedua negara.

"Setiap upaya dilaksanakan atau bahkan tidak direalisasikan tetapi diumumkan untuk pasokan senjata tambahan, baru atau lainnya mengarah dan akan mengarah pada eskalasi krisis ini dan setiap orang harus menyadari hal ini," kata Zakharova.

Washington dan Berlin telah menyatakan akan memasok tank modern ke Ukraina. Namun, Ukraina juga meminta pendukungnya untuk memasok jet tempur dan artilerijarakjauh.sinpo

Komentar: