Panglima TNI Tambah Kodim hingga Personel di DOB Papua

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 02 Februari 2023 | 23:21 WIB
Panglima TNI, Laksmana Yudo Margono (kiri)/Puspen TNI
Panglima TNI, Laksmana Yudo Margono (kiri)/Puspen TNI

SinPo.id -  Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan bakal ada penambahan Komando Distrik Militer (Kodim) di Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua. Penambahan Kodim ini masih terus dibahas di internal militer Indonesia.

"Iya, nanti akan ada Kodam (Komando Daerah Militer), Kodim, yang jelas di tiap-tiap kabupaten ada Kodim. Nah sekarang ini kita dorong pasukan teritorial untuk melaksanakan Kodim persiapan, Koramil persiapan, kemudian Korem ataupun Kodam," kata Yudo usai menggelar rapat dengan Komisi I DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 2 Februari 2023.

Selain markas militer, Yudo bakal menambah prajurit untuk dikirim bertugas di empat provinsi baru di Bumi Cenderawasih tersebut.

Prajurit bakal disebar ke empat DOB baru, yakni Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

"Ini nanti akan kita hitung dulu. Kurang lebih sekitar 800 an itu untuk persiapan. Iya di empat DOB," ujarnya.

Yudo belum bisa memastikan daerah mana saja yang bakal didirikan Kodim. Menurut dia, untuk lokasi penempatan Kodim masih dibahas intens di internal TNI.

"Nah ini masih kita rapatkan dengan KSAD. 

Kemudian Lanal maupun Lanud juga demikian kita rapatkan dengan Kepala Staf," tegas Yudo.

Sebanyak empat DOB Papua diresmikan Mendagri Muhammad Tito Karnavian. Keempat provinsi baru di Bumicenderawasih itu adalah Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.
sinpo

Komentar: