DPR Minta Jalan Tol Trans Sumatera Segera Diselesaikan

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 03 Februari 2023 | 11:23 WIB
Pemandangan tol Trans Sumatera/BPJT
Pemandangan tol Trans Sumatera/BPJT

SinPo.id -  Proyek pembangunan jalan tol Trans Sumatera diharapkan bisa segera dituntaskan. Pasalnya, Tol ini akan menyambungkan berbagai provinsi di pulau Sumatera.

Anggota Komisi V DPR RI, Ruslan M. Daud mendorong Pemerintah Pusat segera menuntaskan proyek tersebut.

Beberapa ruas seksi jalan tol tersebut sudah selesai dan salah satunya adalah ruas tol Sigli-Banda Aceh. Ruslan mengapresiasi pembangunan jalan tol tersebut. Menurutnya, tol Sigli-Banda Aceh akan memberi banyak manfaat bagi masyarakat Aceh.

Namun demikian, Ruslan meminta agar ruas tol lain yang masuk dalam rangkaian tol Trans Sumatera itu segera dirampungkan. Pasalnya, jika masih terputus-putus maka pembangunan tol Sigli-Banda Aceh tidak bisa berdampak signifikan.

"Nah, kami masyarakat Aceh ini sangat mengapresiasi, tetapi ini (harus) betul-betul terwujud seperti judul jadi Tol Trans Sumatera," ujar Ruslan usai Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) Komisi V DPR RI ke Provinsi Aceh, Kota Banda Aceh, Kamis, 2 Februari 2023.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI lainnya, Boyman Harun mengingatkan pentingnya Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam melakukan suatu pembangunan.

Ia meminta agar pembangunan jalan tol ini tidak memberikan efek negatif bagi masyarakat.

"Contoh, kalau ada jalan tol jangan mengakibatkan anak sekolah menuju sekolahnya, yang dulu hanya menghabiskan biaya Rp5 ribu, karena berputar bisa sampai Rp15 ribu sampai Rp20 ribu. Jadi, harus ada antisipasi, terutama jembatan penyeberangan orang," ujarnya dalam kesempatan yang sama.sinpo

Komentar: