DPR Cek Fasilitas Kesehatan di IKN

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 03 Februari 2023 | 13:31 WIB
Emanuel Melkiades Laka Lena/Parlementaria
Emanuel Melkiades Laka Lena/Parlementaria

SinPo.id -  Komisi IX DPR RI mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN). Kunjungan itu untuk memastikan persiapan sarana dan prasarana pembangunan fasilitas kesehatan di Ibu Kota Negara baru tersebut.

"Aspek kesehatan harus dipastikan, utamanya untuk ribuan pekerja yang akan membangun IKN nanti," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat, 3 Februari 2023.

Melkiades meminta penyiapan fasilitas kesehatan harus mendapat dukungan serius dari pemerintah. Terlebih, kesehatan menjadi salah satu aspek penting dalam pembangunan IKN.

"Harus ada dukungan yang benar-benar serius mulai saat ini, di mana tenaga kesehatan yang dibutuhkan termasuk fasilitas yang dibutuhkan baik dari klinik yang dibutuhkan di sektor swasta maupun puskesmasnya, rumah sakit daerah, yang harus dioptimalkan," kata dia.

Bukan tanpa alasan Komisi IX mendorong agar penyiapan fasilitas kesehatan harus benar-benar mendapat perhatian pemerintah. Dia mengingatkan ada ribuan pekerja yang datang ke IKN dan mereka membutuhkan tenaga kesehatan yang memadai.

"Kalau puskesmas di sini baru ada satu puskesmas satu dokter sekarang, tentu butuh lebih dari itu," kata dia.

Melkiades juga mendorong agar rumah sakit daerah yang ada di wilayah IKN dimaksimalkan. Ini penting agar pelayanan kesehatan bisa optimal.

Komisi IX DPR juga berharap komitmen dari seluruh mitra kerja kesehatan dan jajaran pemerintah daerah untuk mempercepat pembangunan kesehatan di IKN.

"Mudah-mudahan percepatan pembangunan (kesehatan) di IKN bisa berjalan dengan baik," kata dia.
sinpo

Komentar: