Perwakilan Uzbekistan Tawarkan Jamaah Umrah Indonesia Transit di Samarkand

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 03 Februari 2023 | 13:33 WIB
Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar (SinPo.id/Galuh Ratnatika)
Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar (SinPo.id/Galuh Ratnatika)

SinPo.id -  Deputy Governor of the Samarkand Region, Rustam Kobilov, yang mewakili Duta Besar Uzbekistan, Mr. Ulugbek Rozukulov, menawarkan jamaah umrah Indonesia untuk transit di Samarkand. Penawaran tersebut disampaikan langsung kepada Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Gus Muhaimin, dalam pertemuan di ruang delegasi DPR RI.

"Mereka (perwakilan Uzbekistan), menawarkan untuk jamaah umrah kita transitnya di Samarkand dengan asumsi perjalanan 8,5 jam ke Samarkand, plus Saudi 3,5 jam," kata Gus Muhaimin, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat 3 Februari 2023.

Menurut Rustam, Samarkand merupakan destinasi yang menarik karena Imam Bukhari dan Imam Tirmidzi ahli hadits yang dimakamkan di kota tersebut. "Orang Indonesia semuanya kenal Imam Bukhari, ya karena kita mendapatkan hadits kan dari Imam Bukhari. Saya kira ini akan menjadi destinasi yang menarik," ungkap Gus Muhaimin menjelaskan.

Ia mengatakan ada dua syarat yang disampaikan kepada Wakil Gubernur Samarkand terkait penawaran tersebut, yakni berkaitan dengan biaya dan infrastruktur yang memadai.

"Intinya menarik, dengan dua syarat saya bilang, syarat yang pertama harus lebih murah dibanding ke Turki, syarat yang kedua fasilitas infrastruktur di Samarkand harus memadai. Katanya, sih, sudah dibangun hotel-hotel baru," kata Gus Muhaimin menambahkan.sinpo

Komentar: