KPK Rekrut 50 CPNS Untuk Bergabung, Pertama Sepanjang Sejarah

Laporan: Zikri Maulana
Jumat, 03 Februari 2023 | 14:08 WIB
Gedung KPK jalan Kuningan Persada Kav. 4 Jakarta, (SinPo.id/dok)
Gedung KPK jalan Kuningan Persada Kav. 4 Jakarta, (SinPo.id/dok)

SinPo.id -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merekrut 50 orang lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN-STAN) sebagai pegawai berstatus calon pegawai negeri sipil atau CPNS). Perekrutan itu merupakan angkatan pertama yang bergabung langsung dengan lembaga antirasuah. 

“Lima puluh orang ini merupakan darah segar bagi KPK,” kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Jumat 3 Februari 2023. 

Menurut Ghufron, para lulusan dengan disiplin ilmu keuangan ini direkrut melalui kerja sama yang telah terjalin antara KPK dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

Kepala Biro SDM Zuraida Retno Pamungkas mengatakan, penambahan personel itu merupakan hasil kesepakatan antara KPK dan Kemenkeu, untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di KPK.

“Pada 1 Februari 2023, 50 CPNS lulusan PKN-STAN ini resmi bergabung jadi CPNS-nya KPK. Ini pertama kali KPK menerima CPNS, sepanjang sejarah KPK,” kata Zuraida. 

Tercatat pada tahun 2022 lalu Kemenkeu memberi kesempatan  setiap lembaga dan kementerian mendapatkan tambahan SDM lulusan perguruan tinggi yang bernaung di bawah Kemenkeu.

Sedangkan proses pengusulan CPNS Lulusan PKN STAN hingga dapat bergabung dengan KPK memrlukan waktu yang cukup panjang, yaitu kurang lebih 7 bulan (Juni 2022 – Februari 2023).

Menurut Zuraida 50 personel baru itu akan ditempatkan di sembilan unit kerja KPK. Rinciannya, 10 orang akan mengemban tugas di Sekretariat Jenderal pada Biro Keuangan Bagian Pembendaharaan serta Bagian Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dan Kerumahtanggaan. Selanjutnya 40 personil lainnya akan tersebar di setiap sekretariat Kedeputian, Dewan Pengawas dan Inspektorat.

Setelah dinyatakan resmi bergabung dengan KPK, ke-50 CPNS masih harus menjalani beberapa tahapan pelatihan, seperti tahap Induksi pada 6 hingga 17 Februari 2023 hingga Latihan Dasar CPNS.sinpo

Komentar: