BPBD: Longsor Berpotensi Terjadi di DKI Jakarta pada Februari Ini

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 04 Februari 2023 | 00:54 WIB
ilustrasi longsor /pixaby
ilustrasi longsor /pixaby

SinPo.id - BPBD DKI Jakarta merilis peringatan terjadi longsor dibeberapa wilayah di Ibu Kota pada Februari ini. Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, mengimbau kepada pemerintah setempat dan masyarakat tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal.
 
“Terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan,” ujarnya pada Jumat 3 Februari 2023

Sejumlah wilayah DKI Jakarta masuk dalam kategori Zona Menengah-Tinggi. Menurut dia, pada zona menengah, gerakan tanah berpotensi terjadi jika curah hujan di atas normal. Sementara itu, pada Zona Tinggi, pergerakan tanah lama dapat aktif kembali.

Prakiraan ini disusun berdasarkan hasil tumpang susun peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG.

"Prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG," kata dia.

Adapun beberapa daerah di DKI Jakarta yang berada di Zona Menengah-Tinggi, yaitu:

1. Jakarta Barat, meliputi wilayah Kecamatan Kembangan.

2. Jakarta Pusat, meliputi wilayah Kecamatan Menteng.

3. Jakarta Selatan, meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan, dan Tebet.

4. Jakarta Timur, meliputi wilayah Kecamatan Cakung, Cipayung, Ciracas, Duren Sawit, Jatinegara, Kramatjati, Makasar, Matraman, Pasar Rebo, dan Pulo Gadung.
 sinpo

Komentar: