Soal Penggunaan Dana Kemiskinan, Ma'ruf: Jangan Besar di Studi Banding

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 04 Februari 2023 | 18:20 WIB
Wapres Maruf Amin/Setkab
Wapres Maruf Amin/Setkab

SinPo.id -  Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengingatkan agar tidak semua anggaran digunakan untuk rapat dan studi banding. Khususnya, untuk penggunaan anggaran penanggulangan kemiskinan.

"Iya kita sebenarnya tidak semua anggaran untuk perjalanan dinas, untuk rapat-rapat tetapi memang kita, saya kira yang kita harapkan itu, jumlah anggaran penanggulangan kemiskinan yang cukup besar ya," kata Ma'ruf Amin dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu, 4 Februari 2023.

Menurut Ma'ruf, ada dua cara untuk menanggulangi kemiskinan di Tanah Air. Kedua cara ini bahkan tengah digalakkan pemerintah untuk meminimalkan angka kemiskinan di Indonesia.

"Kan penanggulangan kemiskinan ada dua sebenarnya, satu perlindungan sosial, supaya mereka bisa kita tahan, jangan sampai lebih, turun lebih jauh, mereka bisa survive, kedua pemberdayaannya, supaya mereka bisa menjadi tidak lagi miskin, itu dua hal itu," ujarnya.

Ma'ruf menilai apa yang disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas merupakan imbauan agar anggaran tidak diserap untuk rapat dan studi banding. Imbauan itu wajar dilakukan.

"Jadi mungkin maksudnya itu jangan sampai, imbauan MenPAN itu terlalu besar pada anggaran yang sifatnya itu biaya perjalanan, biaya studi banding, sehingga menyedot ini, jangan terlalu besar, itu saya kira wajar (imbauan Anas)," kata dia.

Ma'ruf mengatakan pemerintah memiliki target kemiskinan 0 persen di 2024. Oleh sebab itu, dia mengimbau anggaran harus digunakan seefisien mungkin.

"Anggaran ini jangan sampai masing-masing menjalankan sendiri-sendiri, tapi ada konvergensi sehingga anggaran itu efektif, apalagi kita ada target untuk menurunkan kemiskinan 2024 itu 0 persen," kata dia.

"Ini saya kira, sehingga betul-betul penggunaan anggaran itu efisien, dan kalaupun misalnya memang masalah penanggulangan kemiskinan bukan pada masalah anggaran, karena anggarannya sudah cukup besar, tapi kepada kinerja yang lebih efektif, ini yang perlu dibenahi," timpal Ma'ruf.

Sebelumnya, MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas menjelaskan duduk masalah serapan anggaran pengentasan kemiskinan Rp500 triliun kementerian/lembaga. Anas menyebut tidak semua anggaran itu tersedot untuk rapat dan studi banding kemiskinan, melainkan sebagian program kemiskinan belum berdampak optimal.
sinpo

Komentar: