Dewan Pers SinPo

Diabetes pada Anak Melonjak, DPR akan Bentuk Panja Mamin Mengandung Gula

Laporan: Sinpo
Minggu, 05 Februari 2023 | 06:57 WIB
Ilustrasi diabetes/ Pixabay
Ilustrasi diabetes/ Pixabay

SinPo.id - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebut bahwa pada tahun 2023, kasus diabetes pada anak meningkat hingga 70 kali lipat sejak 2010 lalu.

Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago menuturkan, pihaknya akan segera membuat panitia kerja (Panja) untuk menelaah lebih jauh persoalan diabetes pada anak-anak. Hal ini disampaikan Irma merespon pernyataan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebut bahwa pada tahun 2023 terkait peningkatan kasus diabetes pada anak.

"Oleh karena itu, kami akan membuat panja makanan dan minuman (Mamin) mengandung banyak gula. Dengan pendalaman atas produk mamin mengandung banyak gula ini berpotensi menyebabkan diabetes diharapkan dapat melahirkan regulasi makanan dan minuman sehat," kata Irma, Sabtu 4 Februari 2023.

Politikus Partai NasDem ini merasa prihatin dan sedih karena anak-anak harus mengalami sakit diabetes disebabkan karena makanan dan minuman yang manis. Dengan dibentuknya Panja terkait kasus ini, diharapkan DPR bisa memberikan masukkan atau rekomendasi atas kasus diabetes pada anak-anak.

"Melalui panja ini kami berharap mendapatkan kepastian atas penyebab kasus ini, baru kemudian kita akan sampaikan rekomendasinya ada pemerintah," tegasnya.

Diketahui, Ketua Unit Kerja Koordinasi Endokrinologi IDAI Muhammad Faizi mengatakan kejadian diabetes pada anak bahkan dapat lebih tinggi dari yang telah tercatat saat ini.

"Jumlah ini meningkat 70 kali dari data di 2010 lalu," jelas Faizi dalam konferensi pers daring IDAI, Rabu, 1 Februari 2023.sinpo

Komentar: