Tips Jaga Kesehatan Jantung di Usia Muda, Ikuti Enam Cara Ini

Laporan: Zikri Maulana
Minggu, 05 Februari 2023 | 08:38 WIB
Ilustrasi sakit jantung. Foto: Istimewa
Ilustrasi sakit jantung. Foto: Istimewa

SinPo.id -  Sejak usia muda harus menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan jantung. Sehingga pada usia tua, penyakit jantung dan komplikasi dapat dicegah.

Kebiasaan tidak sehat selagi muda seperti kurang berolahraga, pola makam yang buruk dan lainnya tentu dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung. 

Untuk itu penting menjaga kesehatan jantung dengan menerapkan gaya hidup sehat sejak usia muda. 

Melansir Halodoc, berikut cara Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda: 

1. Miliki Pola Makan Sehat 

Makanan yang kamu makan setiap harinya dapat berdampak pada kesehatan jantung. Pilihlah makanan rendah lemak jenuh, lemak trans, dan  sodium. Adapun makanan sehat terdiri dari banyak buah dan sayuran, biji-bijian yang kaya serat, ikan, dan kacang-kacangan. 

Selain itu, pilihlah produk susu rendah lemak  dan daging unggas tanpa kulit. Batasi minuman manis dan daging merah. Jika ingin makan daging, pilih potongan daging yang paling tidak berlemak. 

2. Jadilah Aktif secara Fisik 

Jantung adalah otot, jadi perlu olahraga untuk menjaga bentuknya. Olahraga dapat meningkatkan kekuatan pompa jantung dan membantu mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga teratur juga membantu menjaga berat badan dan tekanan darah tetap terkendali.

Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan olahraga rutin. Bahkan jalan kaki yang sederhana saja dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hindari menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk dan buatlah rencana untuk berolahraga setidaknya 20 hingga 30 menit lima kali seminggu, bahkan jika dalam sesi terbagi.

Jika kamu memiliki kondisi kesehatan yang membuat olahraga menjadi sulit, carilah program olahraga yang dimodifikasi yang lebih sesuai dengan kemampuan kamu. Kemudian, bicarakan dengan dokter untuk memastikan kamu cukup sehat untuk memulai program olahraga yang sedang kamu pertimbangkan.

3. Hindari Rokok 

Jika kamu ingin menjaga kesehatan jantung, sangat penting untuk menghindari kebiasaan merokok. Sebab, merokok adalah penyebab utama aterosklerosis, penyakit yang menyebabkan penumpukan plak di arteri. 

Plak tersebut dapat membatasi aliran darah ke jantung dan organ lain dan dapat pecah. Menyebabkan gumpalan yang menghalangi aliran darah sepenuhnya. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, atau gagal ginjal.

Selain itu, rokok sangat adiktif dan sulit untuk berhenti jika sudah terlanjur kecanduan. Namun, bukan berarti berhenti merokok adalah hal yang mustahil. Cobalah untuk terus berusaha berhenti merokok, dengan berbagai cara dan metode, jika kamu sudah memiliki kebiasaan ini.


4. Batasi Konsumsi Alkohol 

Selain rokok, alkohol juga merupakan “musuh”, bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari, atau setidaknya membatasi konsumsi alkohol. 

5. Kendalikan Stres 

Stres jangka panjang dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah yang dapat merusak dinding arteri. Mempelajari teknik manajemen stres tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga kualitas hidup. Cobalah latihan pernapasan dalam, dan luangkan waktu setiap hari untuk melakukan sesuatu yang kamu sukai.

6. Jalani Pemeriksaan Rutin 

Menjalani pemeriksaan rutin adalah salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk memantau kesehatan jantung. Pemeriksaan perlu kamu jalani, bahkan jika kamu merasa sehat. Apalagi kalau kamu memiliki faktor risiko penyakit jantung, atau kondisi kronis lainnya. 
 sinpo

Komentar: