Kastil Bersejarah Era Romawi di Turki Rusak Parah Akibat Gempa

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 07 Februari 2023 | 10:16 WIB
Kastil era Romawi di Turki/Gettyimages
Kastil era Romawi di Turki/Gettyimages

SinPo.id -  Sebuah kastil bersejarah era Romawi di Turki telah rusak parah akibat dua gempa dahsyat yang melanda negara itu pada hari Senin 6 Februari 2023.

Mengetahui hal itu, para arkeolog khawatir monumen bersejarah lainnya yang tak ternilai juga mungkin telah rusak.

Kastil Gaziantep, diketahui telah dibangun pada abad ke-2 dan ke-3 oleh bangsa Romawi, dan diperluas oleh kaisar Bizantium Justinian I pada abad ke-6.

Kemudian monumen bersejarah tersebut direnovasi secara besar-besaran dalam beberapa tahun terakhir, karena merupakan kandidat yang mungkin terdaftar sebagai situs Warisan Dunia UNESCO.

Selain itu, sebuah masjid di sebelah kastil dan gerbang ke kota tua Aleppo di Suriah juga dilaporkan rusak akibat gempa dahsyat yang getarannya juga dirasakan hingga Irak dan Lebanon.

“Beberapa benteng di bagian timur, selatan, dan tenggara Kastil Gaziantep yang bersejarah di distrik Şahinbey hancur akibat gempa. Puing-puing berserakan di jalan,” lapor Anadolu, kantor berita milik pemerintah Turki, dilansir dari Vice, Selasa 7 Februari 2023.

“Pagar besi di sekitar lapangan berserakan di trotoar sekitarnya. Tembok penahan di sebelah kastil juga runtuh. Di beberapa benteng, retakan besar terlihat setelah gempa," imbuhnya.

Sebelumnya, gempa bumi juga meruntuhkan rumah dan blok apartemen di seluruh Turki dan Suriah. Lebih dari 3.400 orang dilaporkan tewas, dan ribuan lainnya terjebak di bawah reruntuhan.sinpo

Komentar: