Pemuda Muhammadiyah: Satu Abad NU, Tetap Berjalan di Atas Kebenaran

Laporan: Sinpo
Rabu, 08 Februari 2023 | 23:16 WIB
Bendahara Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Zaidi Bashiturrozak/ Dok. Zaidi
Bendahara Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Zaidi Bashiturrozak/ Dok. Zaidi

SinPo.id - Pemuda Muhammadiyah memberi selamat atas hari lahir Nahdlatul Ulama yang ke satu abad. Menurutnya, perjalanan satu abad NU merupakan hal yang luar biasa.

"Bersama Muhammadiyah sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia, NU telah memberikan warna tersendiri dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia," terang Bendahara Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Zaidi Bashiturrozak, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 8 Februari 2023.

Menurutnya, organisasi Islam tidak dapat dipandang sebelah mata. Pasalnya keberadaan, kehadiran dan keterlibatannya organisasi Islam secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kebijakan pemerintah maupun tatanan politik di Indonesia. 

Terlebih, banyak kegiatan yang sangat beragam telah ditorehkan NU. Dari kegiatan dakwah keagamaan, pelayanan pendidikan melalui pesantren, kesehatan, sosial, politik, hingga ke pemberdayaan ekonomi hingga membantu pemerintah dalam menangkal terorisme dan radikalisme.

Zaidi berharap, Muhammadiyah dan NU ke depan akan terus bersinergi dan menjadi jalan tengah integrasi keumatan dan kebangsaan. Apalagi Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir sebelumnya telah menyebut, kedua ormas Islam ini bisa menjadi kekuatan penjaga bandul keseimbangan dan jalan tengah dalam proses integrasi keumatan dan kebangsaan secara harmoni, damai, dan konstruktif dalam kehidupan keindonesiaan yang Bhinneka Tunggal Ika.

"Menyongsong Pemilu 2024, dua ormas terbesar Islam di Indonesia, NU bersama Muhammadiyah, harus tetap tegak lurus di atas kebenaran dan tetap berpihak pada kepentingan ummat. Karena apa, hari-hari ke depan, potensi terjadinya polarisasi umat sangat tinggi," ucap dia.

"Sekali lagi, selamat satu abad NU, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat, berkah, dan karunia-Nya," tandasnya.sinpo

Komentar: