Dishub DKI Ungkap Alasan Kawasan JIS Macet saat Konser Dewa 19

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 09 Februari 2023 | 08:18 WIB
Konser Dewa 19 di JIS/ SinPo.id/ Zikri Maulana
Konser Dewa 19 di JIS/ SinPo.id/ Zikri Maulana

SinPo.id - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkap penyebab kemacetan di kawasan Jakarta International Stadium (JIS) pasca konser Dewa 19 beberapa waktu lalu.

Menurutnya, adanya proyek pembangunan jalan tol di sekitaran JIS menjadi salah satu sebabnya. Sehingga berimbas terjadinya kemacetan yang dikeluhkan banyak pengunjung konser.

"Jadi kemarin itu kondisi di JIS, jaringan jalan di kawasan JIS tidak ideal sebelum saat peluncuran. Kenapa? Karena saat ini di Jalan RE Martadinata sedang ada pembangunan Tol Harbour II, HBR II. Itu yang di sisi utaranya," kata Syafrin kepada wartawan, Kamis, 9 Februari 2023.

Syafrin memaparkan, pembangunan tol tersebut menyebabkan terkooptasinya lajur jalan di sekitar kawasan JIS. Imbasnya hanya tersisa dua lajur yang dapat digunakan.

"Di sana yang tadinya 4 lajur, terkooptasi pembangunan tol HBR II kemudian itu bahkan tinggal dua (lajur), bahkan ketika ada bus sedang saja melintas itu tinggal 1 lajur. Itu yang menyebabkan kepadatan," ujarnya.

Namun begitu, Syafrin menyebut pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan penonton. Salah satunya yaitu dengan menyiapkan kantong parkir.

Kendati demikian, kepadatan tetap tak bisa dihindari karena kondisi jaringan jalan yang kurang ideal. Selain itu, antusias penonton juga menjadi salah satu faktor penyebab jalanan berhenti atau stuck.

"Rekayasa ada, contohnya untuk lokasi parkir itu kami arahkan sebagian di sisi utara itu ke parkir FE. Yang selebihnya di sisi baratnya parkir di kawasan Kemayoran. Demikian pula pemanfaatan gedung-gedung parkir di kawasan sekitar. Itu tetap difungsikan," ucap Syafrin.

Sebelumnya, grup band Dewa 19 menggelar konser di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada Sabtu malam, 4 Februari 2023. Di balik megahnya konser tersebut, sejumlah kritik datang dari penonton karena fasilitas JIS yang dianggap tidak memadai.

Para penonton konser rela antre berjam-jam  terjebak kemacetan disekitar JIS. Hal itu juga diperparah dengan banyaknya parkir liar di sekitar stadion. Minimnya transportasi umum juga menjadi salah satu keluhan para pengunjung konser.sinpo

Komentar: